Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, akan membangun Rumah Sakit Pratama dengan rencana anggaran dari pusat sebesar Rp20 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong, dihubungi di Penajam, Minggu menyatakankan, pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sepaku senilai Rp20 miliar tersebut merupakan program Kementerian Kesehatan.

"Untuk merealisasikan pembangunan rumah sakit tipe D itu, kami tengah melakukan pengurusan IMB (izin mendirikan bangunan), izin prinsip serta penetapan lokasi tanah," kata Arnold Wayong.

Rumah Sakit Pratama tersebut tambah Arnold Wayong, akan dilengkapi dengan palayanan dokter umum, kebidanan, bedah dan spesialis penyakit dalam, termasuk layanan UGD (unit gawat darurat) yang buka 24 jam.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin mengatakan, pemerintah setempat telah menyiapkan lahan seluas tiga hektare di Kecamatan Sepaku, untuk membangun Rumah Sakit Pratama tersebut.

Rumah Sakit Pratama itu lanjut Alimuddin, sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada cukup jauh dari ibukota kabupaten.

"Sebagai langkah awal, pemerintah daerah telah menyiapkan lahan seluas 1,2 hektare sebagai lokasi pembangunan Rumah Sakit Pratama itu," kata Alimuddin.

Unit Pelaksana Tugas Pekerjaan Umum Kecamatan Sepaku, lanjut Alimuddin, terus melakukan pematangan lahan yang akan digunakan sebagai lokasi Rumah Sakit Pratama tersebut.

"Secara teknis, lahan lokasi Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sepaku itu sudah tidak ada kendala," ujar Alimuddin.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016