Samarinda (ANTARA Kaltim) - Puluhan kelompok ternak di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, akan menerima bantuan 1.425 indukan sapi impor dari Australia jenis Brahman Cross pada 2016 yang merupakan lanjutan program bantuan pada 2015.

"Pada 2015, dari pemerintah pusat melalui APBN Perubahan memberikan bantuan sapi Brahman Cross untuk kelompok ternak di Kaltim sebanyak 10.000 ekor. Dari jumlah itu terdapat 2.650 ekor untuk kelompok ternak di Kabupaten Paser," kata Kepala Bidang Perbibitan dan Budi Daya Dinas Peternakan Provinsi Kaltim I Gusti Made Jaya Adhi di Samarinda, Jumat.

Namun, lanjutnya, dari jumlah 2.650 indukan untuk peternak di Paser tersebut, pada 2015 baru terealisasi sebanyak 1.225 ekor, sehingga selebihnya yang sebanyak 1.425 ekor indukan sapi akan dipenuhi pada 2016 ini.

Dari jumlah 1.225 ekor yang diterima peternak, lanjut dia, terdapat 83 ekor sapi yang mati. Namun demikian, sapi yang mati itu akan mendapat penggantian karena sesuai perjanjian, meskipun sapi sudah sampai di tangan peternak beberapa har,i masih menjadi tanggungan rekanan jika terjadi kematian.

Ia juga mengatakan, sejumlah sapi indukan yang telah diterima oleh kelompok ternak di Paser, beberapa di antaranya telah melahirkan karena saat diterima oleh peternak, sapi tersebut rata-rata telah bunting enam bulan.

"Terdapat 254 ekor kelahiran setelah sapi di tangan kelompok ternak di Paser, sehingga sapi bantuan Kementerian Pertanian melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk Paser pada November 2015 lalu, kini sudah bertambah menjadi 1.396 ekor," katanya.

Sejumlah kelompok ternak yang belum sempat menerima ternak 2015 namun akan dipenuhi tahun ini antara lain di Kecamatan Kuaro terdapat tiga kelompok yang masing-masing akan menerima 50 indukan sapi.

Kemudian di Kecamatan Muara Samu juga terdapat tiga kelompok ternak yang masing-masing mendapat 50 ekor, di Kecamatan Batu Sopang terdapat dua kelompok ternak, di Kecamatan Batu Engau satu kelompok, dan di Kecamatan Pasir Belengkong terdapat enam kelompok yang masing-masing akan menerima 50 ekor. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016