Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sejumlah hotel berbintang di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memanfaatkan momen fenomena alam gerhana matahari total yang berlangsung 9 Maret 2016 untuk mempromosikan fasilitas yang dimilikinya.

"Kami memberikan diskon khusus kepada tamu yang menginap pada 8-9 Maret," kata Asisten General Manager Hotel Blue Sky Balikpapan, Khairul Anam di Balikpapan, Senin.

Dengan harga Rp628.000 per malam untuk kamar deluxe, lanjutnya, para tamu sudah mendapatkan makan malam untuk dua orang di restoran Jepang Kaizeki.

"Harga kamar sudah termasuk transportasi ke tempat menyaksikan gerhana, terutama keramaian yang diselenggarakan Pemkot Balikpapan, seperti di Lapangan Merdeka," lanjut Khairul.

Lapangan Merdeka Balikpapan terletak sekitar 5 kilometer dari Hotel Blue Sky.

Di Lapangan Merdeka, Pemkot Balikpapan menggelar sejumlah kegiatan sebagai hiburan dan edukasi kepada masyarakat mengenai gerhana matahari total, termasuk acara hiburan seperti makan mantau sebanyak 2.119 buah secara serentak untuk membuat rekor dunia.

Strategi memberi potongan harga juga dilancarkan Hotel Platinum, hotel baru berbintang empat yang berlokasi agak jauh dari pusat Kota Minyak.

Menjelang hari gerhana, hotel yang baru beroperasi ini memberikan diskon harga kamar sampai 70 persen dibanding tarif kamar pada hari biasa.

Menurut Public Relation Platinum Hotel and Convention Hall Balikpapan Wiwid Sugiarto, harga promo menginap diberikan pada 7-9 Maret dengan tarif hanya Rp436 ribu per malam, sementara tarif normalnya berkisar Rp528 ribu.

"Untuk menyaksikan gerhana matahari, nantinya seluruh tamu akan kami ajak melihat dari atap gedung hotel atau dari tepian kolam renang," kata Wiwid. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016