Penajam (ANTARA Kaltim) - Kepolisian Resor Penajam Paser Utara, meluncurkan program patroli sepeda dalam upaya pencegahan tindak kejahatan di jalan raya.

"Kami harapkan, program polisi bersepeda ini mampu mewujudkan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di wilayah hukum Polres Penajam Paser Utara," kata Kapolres Penajam Paser Utara, Ajun Komsaris Besar Raden Djarot Agung Riadi, saat peluncuran program Patroli Polisi Bersepeda, di Penajam, Jumat.

Program polisi bersepada yang ia gagas tersebut juga bertujuan untuk lebih mendekatkan anggota kepolisian dengan masyarakat agar tercipta sinergitas yang postif dan optimal.

"Melalui program polisi bersepada ini diharapkan mampu menciptakan hubungan emosional yang erat antara anggota polisi dengan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," ujar Djarot Agung Riadi.

Untuk sementara, Polres Penajam Paser Utara tambah Djarot Agung Riadi, baru menyiapkan 27 unit sepeda yang dipergunakan regu Sabhara berpatroli, termasuk dibagikan ke masing-masing kepolisian sektor atau Polsek.

Kehadiran regu patroli sepeda tersebut lanjut Djarot Agung Riadi, sebagai bentuk antisipasi terhadap tindak kejahatan di jalan raya, seperti pembobolan kaca mobil, pencurian kendaraan bermotor dan kejahatan lainnya.

Peluncuran program patroli sepeda yang dilaksanakan di halaman Mapolres Penajam Paser Utara tersebut, selain dihadiri jajaran Polres setempat, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara serta sejumlah pimpinan perusahaan di daerah itu.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016