Samarinda (ANTARA News-Kaltim) - Taekwondoin putri Kaltim, Eka Sahara ikut diberangkatkan mengikuti Kejuaraan Taekwondo Asia 2010 di Kazakhstan pada 20-23 Mei bersama dengan atlet yang tergabung pada Pelatnas TIME (Taekwondo Indonesia Maju Emas).

"Saat ini Eka tergabung dengan pelatnas TIME (Taekwondo Indonesia Maju Emas), dia ikut berangkatkan sebagai persiapan menuju  Asian Games XVI/2010 di Guangzhou, November nanti," kata Alfons T Lung kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Kaltim di Samarinda, Jum'at.

Eka akan tampil di kelas heavy serta dinilainya punya kans besar untuk bisa bersaing dengan taekwondoin Asia dalam perebutan medali.

"Jam terbang atlet kita ini cukup tinggi, selain juara nasional dikelasnya, pada Sea Games Laos 2009, dia juga bisa menyumbangkan medali perunggu untuk timnas," kata Alfon.

Ia mengakui bahwa persaingan kejuaraan Asia ini cukup ketat namun Ia yakin dengan pengalamannya Eka bakal mampu mengatasi lawan-lawannya.                 
  
"Kejuaraan ini sangat bergengsi, sebab diikuti taekwondoin dari negara-negara Asia, seperti Korea dan pecahan negara Rusia, tapi saya tetap yakin Eka pasti bisa," tegas Alfons T Lung.

Alfon menambahkan kejuaraan itu dijadikan bahan evaluasi bagi tim Indonesia untuk mengukur kekuatan sebelum turun di Asian Games. Semua taekwondoin terbaik di Asia dipastikan mengikuti event tersebut.

"Saya menilai bahwa Eka sangat berpeluang masuk ke tim taekwondo Asian Games atau SEA Games 2011. Bahkan dia juga merupakan taekwondoin yang diproyeksikan untuk bertanding pada olimpiade," katanya.

"Pada level Asian Games, selain saya, ada dua orang lagi pernah meraih perak sedangkan emas belum pernah ada," katanya.

Pengprov TI Kaltim merasa sangat bangga jika ada taekwondoin Kaltim yang berprestasi di SEA Games, Asian Games atau bahkan bisa menembus olimpiade.

"Untuk olimpiade selama ini hanya ada dua orang di Kaltim. Jadi jika nantinya ada yang bisa menembus olimpade maka itu prestasi yang membanggakan karena persaingannya sangat berat," katanya.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010