Penajam (ANTARA Kaltim) - Manajer PLN Area Balikpapan Natan berjanji akan melakukan peremajaan mesin pembangkit sebagai salah satu upaya mengatasi kekurangan listrik di wilayah Penajam Paser Utara.

"Peremajaan mesin itu kami lakukan dengan membeli mesin pembangkit listrik baru untuk mempercepat koneksi SUTT (saluran udara tegangan tinggi) ke sistem kelistrikan Mahakam," kata Natan, saat rapat koordinasi membahas kekurangan daya listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu.

Menurut dia, peremajaan mesin pembangkit itu sebagai upaya penanggulangan jangka menengah dan jangka panjang yang ditargetkan rampung tahun ini.

Selain melakukan peremajaan mesin pembangkit, PLN juga akan merelokasi mesin pembangkit yang rusak di PLTD (pembangkit listrik tenaga diesel) Girimukti.

PLN Area Balikpapan akan menempatkan enam unit mesin pembangkit listrik baru dengan kapasitas sekitar 800 kilowatt per unit di PLTD Girimukti.

"Ditargetkan enam unit mesin pembangkit tersebut tiba di Kabupaten Penajam Paser Utara pada Maret 2016," katanya.

Ia menjelaskan, pertumbuhan beban listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara periode 10 tahun terakhir mencapai 15 persen.

"Itu pertumbuhan yang cukup signifikan," ujar Natan.

PLN juga tetap mengupayakan pemenuhan listrik pada sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara yang masih kekurangan listrik di antaranya di wilayah Kelurahan Riko, Gersik, dan Kelurahan Pantai Lango.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016