Penajam (ANTARA Kaltim) - Sekitar 2.500 peserta dijadwalkan akan mengikuti Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara pada 10-15 Mei 2016.

"Terdata sebanyak 2.300 peserta utama dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur dan sekitar 200 peserta peninjau dari beberapa provinsi lain akan mengikuti Pekan Daerah KTNA tingkat provinsi," kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Penajam Paser Utara Surito Widarie saat dihubungi di Penajam, Selasa.

Kegiatan Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi Kaltim tersebut akan dipusatkan di Desa Gunung Mulia, Gunung Intan dan Desa Gunung Makmur di Kecamatan Babulu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiapkan sekitar 350 rumah layak huni untuk peserta dari luar daerah.

"Peserta dari luar daerah akan ditampung di rumah masyarakat dan kami sudah persiapkan 350 rumah warga di tiga desa sebagai pusat kegiatan pekan daerah KTNA tingkat provinsi itu," ujar Surito Widarie.

Kegiatan Pekan Daerah KTNA merupakan suatu forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah serta "stakeholder" atau pelaku usaha.

"Pekan daerah KTNA itu wadah komunikasi, lomba, penyampaian terkait teknologi serta pertemuan dengan elemen petani dan nelayan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan," kata Surito Widarie.

Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan Pekan Daerah KTNA yang diharapkan akan berdampak ganda menguntungkan masyarakat di Kecamatan Babulu.

"Kegitan pekan daerah KTNA itu juga merupakan langkah awal menuju Pekan Nasional KTNA yang akan digelar pada 2017 di Provisi Aceh," kata Surito Widarie.      (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016