Balikpapan (ANTARA Kaltim) - PT Telekomunikasi Selular menghadirkan layanan mandiri MyGraPARI bagi para pelanggan di 10 kota di Indonesia, salah satunya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"MyGraPARI Ini layanan mandiri, misalnya pelanggan bisa mengupgrade dan mengaktifkan sendiri kartu 4G," kata Humas PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Balikpapan Rina Dwi Noviani di Balikpapan, Selasa.

GraPARI adalah kantor layanan pelanggan Telkomsel, seperti layaknya di bank, yakni pelanggan dilayani satu per satu oleh petugas khusus.

Sedangkan untuk MyGraPARI mirip dengan ATM (anjungan tunai mandiri) pada perbankan, di mana nasabah bisa melakukan transaksi keuangan mandiri. Bentuk mesinnya pun sama, seperti sebuah kotak persegi panjang dengan layar monitor dan papan ketik.

Noviani memaparkan ada banyak layanan yang digabung dalam MyGraPARI, mulai dari aktivasi upgrade ganti kartu menjadi 4G (simcard 4G LTE), pembayaran tagihan kartu Halo, pembelian atau isi pulsa, informasi profil pelanggan, aktivasi sejumlah fitur, registrasi kartu Halo, pembelian kartu perdana, sampai ganti kartu hilang.

"Jadi, bila tidak sabar nunggu GraPARI buka, bisa dikerjakan sendiri di MyGraPARI," kata Noviani.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati, penambahan layanan ini merupakan wujud dari transformasi Telkomsel menjadi digital company.

Anak perusahaan PT Telkomunikasi Indonesia (Telkom) ini secara berkala melakukan perubahan interaksi layanan dari media legacy (GraPARI dan Call Center) ke media digital (Selfcare dan Ecare).

"Selama tahun 2015, interaksi pelanggan Telkomsel di media pelayanan yang dilayani oleh media digital (Selfcare dan Ecare) meningkat sebesar 42 persen," ungkap Irawati. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016