Penajam (ANTARA Kaltim) - Kepolisian Resor Penajam Paser Utara mengerahkan 394 personel pada Operasi Lilin 2015, pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Penajam Paser Utara, Ajun Komisaris Besar Raden Djarot Agung Riadi, saat dihubungi di Penajam, Senin menyatakan, menjelang dilaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru, kepolisian setempat terlebih dahulu akan melaksanakan gelar pasukan Operasi Lilin 2015.

Rencananya, gelar pasukan Operasi Lilin 2015 itu kata Djarot Agung Riadi, akan dilaksanakan pada Rabu (23/12) di halaman Mapolres Penajam Paser Utara.

"Operasi Lilin ini akan dilaksanakan sampai Januari 2016. Personel yang kami kerahkan bukan hanya dari Polres tetapi juga personel dari empat Polsek yang tersebar di empat kecamatan," ujarnya.

"Mereka akan melakukan pengamanan di sejumlah titik termasuk gereja yang akan digunakan misa Natal," kata Djarot Agung Riadi.

Personel tersebut lanjut Djarot Agung Riadi juga melakukan pengamanan di tengah kegiatan masyarakat sebagai upaya meminimalisir gangguan kamtibmas dan meningkatkan ketertiban berlalu lintas saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Pada pengamanan Natal tersebut, Polres Penajam Paser Utara kata dia, juga akan menempatkan sejumlah personel di sejumlah gereja yang biasa digunakan misa Natal.

Ia menyatakan, meskipun jumlah personel yang bertugas di gereja terbatas, namun tidak menutup kemungkinan akan ditambah jika ada permintaan dari pengurus gereja, terutama gereja-gereja yang memiliki banyak jemaat saat misa Natal.

Ia juga meminta partisipasi masyarakat agar tetap menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor dan pembobolan rumah.

"Silakan menghubungi pihak kepolisian jika mengetahui ada gejala gangguan kamtobmas dan kami siap memberikan bantuan," ujar Djarot Agung Riadi.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015