Penajam (ANTARA Kaltim) - Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 51 kilogram per kapita per tahun, atau melebihi target nasional yang hanya 37 kilogram per kapita/tahun.

"Konsumsi ikan terus meningkat dan hingga Desember 2015 konsumsi ikan di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 51 kilogram per kapita setiap tahunnya. Jumlah konsumsi ikan itu telah melampaui target konsumsi ikan secara nasional," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman, saat dihubungi di Penajam, Sabtu.

Tingginya konsumsi ikan di Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Ahmad Usman, karena masyarakat setempat sangat menyukai ikan, baik ikan tangkap maupun ikan hasil budidaya.

"Ini tentu menggembirakan, karena sudah melampaui rata-rata konsumsi ikan di Indonesia. Berarti tinggal bagaimana memaksimalkan terus potensi perikanan yang sekarang dimiliki Penajam Paser Utara," kata Ahmad Usman.

Potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Ahmad Usman, sangat besar untuk terus dikembangkan, antara lain, jenis perikanan tangkap maupun budidaya.

Namun tambahnya, hasil produksi ikan tangkap dan budidaya di Penajam Paser Utara masih rendah dibandingkan daerah lain yakni, hanya 12.400 ton per tahun.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara kata Ahmad Usman, terus melakukan upaya untuk meningkatkan produksi ikan tangkap maupun ikan hasil budidaya, dengan penyediaan bantuan alat tangkap dan kapal nelayan.

"Untuk meningkatkan hasil ikan tangkap dan budidaya kolam atau tambak, pemerintah daerah memberikan dukungan, berupa peningkatan keahlian dan peralatan," ujarnya.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015