Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pelatih sofbol asal Filipina Roberto Ituralde menyatakan optimistis tim sofbol Kaltim bakal bisa menjadi juara dan mempersembahkan emas di PON XIX tahun 2016, Jawa Barat.

Menurut Roberto di Samarinda, Jumat, materi pemain sofbol Kaltim dinilai punya kualitas, dan sangat memungkinkan bisa menjadi tim terbaik di ajang Nasional.

"Saya sudah memantau kualitas para pemain Kaltim, dan juga rival-rivalnya di ajang Pra-PON, saya yakin dengan program latihan dan beberapa taktik dan strategi bertanding,maka tim sofbol Kaltim bisa menjadi juara," kata veteran Tentara Nasional Filipina tersebut usai menandatangani kontrak kerja sama dengan KONI Kaltim.

Roberto Ituraldi di kontrak menangani tim sofbol putra Kaltim mulai Januari 2016-hingga berakhirnya PON 2016.

Ia merupakan pelatih sofbol yang cukup disegani di negaranya, terakhir Roberto membawa tim Filipina dalam kejuaraan Dunia Sofbol dengan peringkat 10 besar.

Menurut Sekretaris Pengprov Perbasasi Kaltim Mohammad Firmanudin, pertimbangan merekrut pelatih senior asal negara tetangga tersebut karena obsesi besar tim Sofbol putra Kaltim untuk bisa meraih emas di PON XIX 2016.

Maman sapaan akrabnya menjelaskan bahwa sudah tiga kali penyelenggaraan PON, tim sofbol putra Kaltim selalu meraih predikat juara kedua.

"Kami ingin merubah tradisi perak itu menjadi emas, makanya kami menarik pelatih yang memang punya kualitas,"jelasnya.

Sementara itu Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya menimpali bahwa KONI Kaltim akan mendukung sepenuhnya program semua cabang olahraga untuk mendatangkan pelatih asing, tentunya dengan catatan ada peluangnya untuk bisa mendapatkan medali emas.

"Sampai saat ini mungkin sudah ada sekitar sepuluhj pelatih luar Kaltim termasuk pelatih asing, yang sudah menandatangani kontrak kerjasama dengan kita,"jelasnya.  (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015