Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar menyerahkan secara simbolis sejumlah alat berat kebutuhan Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum Kecamatan saat upacara peringatan HUT ke-70 Pekerjaan Umum di Penajam, Kamis.

Alat berat itu antara lain dua unit tronton untuk Kecamatan Babulu dan Sepaku, serta sejumlah kendaraan operasional roda dua sebagai perlengkapan lapangan UPT-PU.

Yusran Aspar juga meminta keterangan dari sejumlah kepala UPT-PU kecamatan yang hadir, mulai kinerja personel di lapangan hingga kebutuhan fasilitas alat berat yang telah dioperasikan selama ini.

"Pelaksanaan UPT-PU di lapangan harus terus ditingkatkan serta dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk itu, fasilitas yang ada seperti alat berat diharapkan telah tercukupi," kata Yusran.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis yang dibacakan bupati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono mengatakan pada 3 Desember 1945, tepat 70 tahun yang lalu, telah gugur tujuh orang pegawai PU dalam mempertahankan kantor pusat Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum yang saat itu berkedudukan di Gedung Sate, Bandung.
 
Kenangan dan penghargaan terhadap patriotisme tujuh pegawai pemberani yang kini dikenal sebagai Sapta Taruna itu, diabadikan sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.

"Melalui momentum ini, saya mengajak seluruh jajaran PU untuk memikirkan kembali apa yang sudah dan sedang kita lakukan dan apa yang hendak kita lakukan ke depan dalam membangun infrastruktur ke-PU-an, dengan semangat juang Sapta Taruna," ujarnya.

Menteri menambahkan dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan infrastruktur pelayanan dasar serta tuntutan akan kualitas infrastruktur yang lebih baik, pemerintah pun dituntut untuk bekerja lebih keras, bergerak lebih cepat dan bertindak tepat untuk mencapai sasaran program.

"Kita harus bekerja lebih keras untuk mencapai target pembangunan yang demikian besar dan berkualitas. Pemerintah telah menempatkan infrastruktur sebagai prioritas pembangunan karena ketersediaan infrastruktur PU memiliki kontribusi yang sangat signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Penajam Paser Utara Alimudin mengatakan UPT-PU yang ada di seluruh kecamatan terus mendapat pantauan dan pengawasan, termasuk pemenuhan kebutuhan seperti alat berat, kendaraan operasional dan personel.

"Kendaraan Tronton yang baru diserahkan tersebut merupakan fasilitas untuk memudahkan perpindahan alat berat yang dimiliki UPT-PU kecamatan menuju lokasi pengerjaan di lapangan sesuai usulan masyarakat," terang Alimudin.(Adv/Hms/*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015