Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat guna mencegah timbulnya berbagai penyakit menular.

"Saya minta seluruh masyarakat di Penajam Paser Utara agar dapat mewujudkan perilaku hidup bersih, sehat dengan cara melakukan cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menjaga kebersihan untuk menghindari penyakit menular," kata Yusran Aspar pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-51 di Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam, Selasa.

Menurut ia, peringatan Hari Kesehatan Nasional merupakan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang harus diberikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta merenungkan kembali upaya terbaik dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Arnold Wayong mengatakan tugas utama Dinas Kesehatan adalah memberikan paradigma kesehatan, penguatan promosi dan preventif serta pemberdayaan masyarakat sampai tingkat puskesmas.

"Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan sampai ke puskesmas itu untuk menekan penyebaran penyakit menular di kalangan masyarakat," kata Arnold Wayong.

Ia juga mengajak masyarakat secara rutin meminum obat filariasis untuk mencegah meningkatnya penyebaran penyakit kaki gajah di wilayah Penajam Paser Utara.

Kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional tersebut diisi dengan sejumlah kegiatan yang bertemakan kesehatan, juga dirangkai penyerahan penghargaan Swasti Saba Padapa oleh Yusran Aspar kepada Ketua Forum Kabupaten Sehat Penajam Paser Utara, Rustini Yusran Aspar.

Pada kesempatan itu, Yusran Aspar juga menyerahkan plakat Adipura sebagai penghargaan atas tata kelola taman terbaik kepada Kepala Dinas Lebersihan Pertamanan dan Pemakaman Tita Deritayati.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015