Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Pabrik pengepakan PT Semen Gresik yang beroperasi di komplek Pelabuhan Terminal Peti Kemas Kariangau, Balikpapan, saat ini sudah memproduksi hingga 400 ton semen per hari untuk memenuhi pasar Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Direktur Komersial PT Semen Gresik Mukhammad Saifudin di Balikpapan, Kamis, mengatakan "packing plant" anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu sudah mulai dioperasionalkan sejak Agustus 2015.

"Kapasitas kemasnya sebetulnya hingga 1.700 ton per hari. Kami percaya seiring dengan penyerapan pasar dan kebutuhan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, total kapasitas itu akan dicapai," katanya.

Dalam kapasitas maksimal itu, lanjut Saifudin, PT Semen Gresik dapat memasok hingga 600.000 ton semen per tahun.

PT Semen Indonesia dengan merek produk Semen Gresik, saat ini menguasai sekitar 7 persen pangsa pasar semen di wilayah Kaltim dan Kaltara.

Sejak tahun 2013, kedua provinsi yang dulunya jadi satu sebagai Kalimantan Timur itu memerlukan semen tidak kurang dari 1,78 juta ton per tahun.

Semen Tonasa, anak perusahaan PT Semen Indonesia lainnya, menjadi penguasa pasar di Kaltim dan Kaltara dengan 50 persen, baru kemudian produk semen dari Indocement Tiga Roda dan berbagai merek lain yang juga hadir di kota-kota Kaltim dan Utara seperti Holcim dan Conch.

"Packing plant itu memang untuk memenuhi kebutuhan semen Kalimantan Timur dan sekitarnya, untuk lebih menjamin pasokan," lanjut Saifudin.

Saat ini, berbagai proyek besar sedang dikerjakan di Kalimantan Timur dan sudah tiga tahun ini terjadi kebutuhan besar semen untuk pembangunan stadion di Batakan, proyek tol Balikpapan-Samarinda, dan banyak komplek perumahan baru.

Sehari sebelumnya pada Rabu (25/11) malam, Semen Gresik menggelar acara temu pelanggan dari Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Paser di Hotel Swissbel di Balikpapan.

"Temu pelanggan ini agar lebih akrab, lebih dekat lagi dengan konsumen," kata Saifudin.

Pada acara temu pelanggan itu, Semen Gresik memberikan penghargaan kepada pelanggan terbaik dan pelanggan setia.

Pelanggan setia adalah toko bahan bangunan yang hanya menjual Semen Gresik untuk bahan bangunan jenis semen, dan pelanggan terbaik adalah yang omzet penjualannya paling banyak. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015