Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia Kalimantan Timur mengagendakan latihan sekaligus uji coba tim anggar proyeksi PON 2016 melawan atlet junior Korea pada Desember 2015.

Ketua IKASI Kaltim Muslimin di Samarinda, Rabu, mengatakan, uji coba tersebut akan dilaksanakan pada Minggu akhir Desember 2015 bertempat di gedung anggar Kaltim, kompleks Polder Air Hitam, Samarinda.

"Kita bertindak sebagai tuan rumah, informasinya ada sekitar 15 atlet junior Korea akan berlatih bersama di Kaltim," jelas Muslimin.

Ia menjelaskan bahwa agenda uji coba tersebut digagas oleh pelatih Korea Yun In Chul, yang saat ini telah diperpanjang kontraknya oleh KONI Kaltim menangani tim anggar Kaltim menuju PON 2016 di Bandung, Jawa Barat.

"Atlet junior korea tersebut datang ke Kaltim dalam rangka try out menghadapi kejuaraan nasional di Korea," imbuhnya.

Ia mengatakan meski hanya bertajuk latihan bersama, namun Ia berharap banyak manfaat yang bisa diserap oleh atlet Kaltim, utamanya serapa secara teknik maupun strategi bertanding baik saat bertahan maupun menyerang.

"Sisi lainya yang patut disimak oleh atlet Kaltim adalah kedisiplinan dalam berlatih, karena biasa atlet korea menjalani program latihan yang lebih berat jika dibandingkan dengan atlet Indonesia," jelasnya.

Dalam kesempatan latihan bersama tersebut, Muslimin mengaku akan memantau pelatih degen Korea, yang rencana ingin ditambah untuk menangani atlet anggar Kaltim hingga PON 2016.

"Terus terang kita memang kekurangan pelatih degen, makanya kita terus mencari sebelum pelaksanaan sentralisasi diberlakukan,"jelasnya.

Muslimin mengiyakan selain tambahan pelatih asing, Ia juga mengincar satu pelatih lokal untuk menambah kualitas program latihan atlet Kaltim. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015