Bontang (ANTARA Kaltim) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bontang bekerja sama dengan Forum Peduli Tanjung Limau Bersatu (Fortab) menggelar Festival Budaya Pesisir Tanjung Limau 2015.

Festival Budaya Pesisir dibuka Wali Kota Bontang Adi Darma di TPI Tanjung Limau, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Selasa (10/11) malam, yang dihadiri Ketua Fortab Daniel, Dewan Pembina Fortab Etha Rimba Paembonan, Wakil Ketua DPRD Kaltim Hendri Pailan, dan Kepala Disibudpar Hj Yuliatinur.

Festival tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan lomba, antara lain lomba memancing dan balap perahu tradisional, serta dimeriahkan berbagai penampilan seni budaya, seperti tari-tarian pesisir dan tradisional sebagai simbol kekayaan dan keanekaragaman budaya dan etnis di Kota Bontang.

Dalam sambutan pembukaan, Wali Kota Adi Darma memberikan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya Festival Budaya Pesisir Tanjung Limau ini.

Menurut ia, kegiatan ini merupakan bukti dan wujud nyata kepedulian Pemerintah Kota Bontang dalam melestarikan budaya-budaya pesisir di daerah setempat.

"Festival Budaya Pesisir Tanjung Limau ini semakin memperkaya keanekaragaman kebudayaan di Kota Bontang. Dan ini tentunya juga akan memberikan dampak positif untuk peningkatan pembangunan di Kota Bontang, mengingat 70 persen wilayah Bontang adalah lautan yang harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Wali Kota Adi Darma juga menyampaikan bahwa Festival Budaya Pesisir Tanjung Limau akan dilaksanakan setiap tahun, sehingga festival ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang diharapkan bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Pembina Fortab yang juga Wakil Ketua DPRD Bontang Etha Rimba Paembonan mewakili seluruh masyarakat pesisir khususnya di Tanjung Limau menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bontang yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Etha mengatakan kegiatan ini merupakan persembahan Pemerintah Kota Bontang untuk masyarakat pesisir khususnya yang bermukim di Tanjung Limau, Kelurahan Gunung Elai.

"Festival Budaya Pesisir Tanjung Limau ini sekaligus menegaskan komitmen pemerintah untuk melestarikan kebudayaan lokal dan menggali potensi wisata yang ada di Kota Bontang, dengan harapan akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015