Bontang (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja melaksanakan bimbingan motivasi Asuransi Kesejahteraan Sosial bagi 200 pengurus lembaga pengelola Askesos dan tim pengendali kabupaten/kota, Rabu, untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang kesehatan.

Kegiatan ini dibuka Wali Kota Bontang Adi Darma didampingi Kepala Dinsosnaker Abdu Safa Muha di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota, Jalan Awang Long, Bontang.

Turut hadir pada pelaksanaan bimbingan ini adalah Ditjen Jamsos Kementerian Sosial Hendri, Kabid Banjamsos Dinas Sosial Kaltim Ayi Himat, serta Evantri Manurung dari BPJS Kesehatan Kota Bontang sebagai narasumber.

Bimbingan motivasi ini merupakan upaya Pemkot Bontang dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sebagai petugas  Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos).

Pemerintah Kota Bontang berharap kepada petugas Askesos bisa menyamakan persepsi dalam pelaksana program Askesos. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan informasi tentang arah kebijakan dan sasaran program Askesos dan memberi petunjuk operasional bagi pengurus lembaga pengelola mengenai ruang lingkup kegiatan dan pengorganisasian kegiatan serta pengendalian pelaksanaan program.

Bimbingan juga dimanfaatkan untuk memantau pelaksanaan kegiatan, sehingga bila terjadi indikasi penyimpangan bisa segera diambil tindakan solusi pemecahan masalahnya.

Wali Kota Bontang Adi Darma menyampaikan bahwa peran dan fungsi petugas Askesos sangat penting sebagai kepanjangan tangan pemerintah melayani masyarakat secara langsung.
 
"Pemerintah Kota Bontang dari tahun ke tahun berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas SDM petugas Askesos. Hal ini berkenaan dengan keberhasilan seorang petugas asuransi ketika masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya," katanya.

Adi Darma menuturkan Pemerintah Kota Bontang bersepakat dalam hal meningkatkan kemampuan teknis para petugas dalam mengelola Askesos.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan bimbingan ini secara sungguh-sungguh hingga selesai, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015