Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma membuka pelaksanaan Bontang Education Expo (BEEX) 2015 yang dirangkai dengan peluncuran Bontang sebagai Kota Literasi di Gedung Koperasi Karyawan PKT, Bontang, Senin (9/11) malam.

Selain wali kota dan istrinya Hj Najirah, pembukaan BEEX ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Isro Umarghani bersama istrinya Hj Siti Aini Rochmah, Ketua Dharma Wanita Hj Shelni Syirajudin, Direktur Politeknik Negeri Samarinda Ibayasid, anggota DPRD dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkot Bontang.

Kegiatan BEEX 2015 merupakan pameran pendidikan yang rutin digelar Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pendidikan setiap tahun.

Pameran tahun ini diikuti ratusan stan yang terdiri dari stan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA, dan SMK serta perguruan tinggi yang ada di Kota Bontang.
 
Dalam sambutannya, Wali Kota Adi Darma mengharapkan melalui BEEX ini akan memberikan dampak positif sekaligus sebagai salah satu media informasi kepada masyarakat terhadap perkembangan dunia pendidikan di Bontang, yang saat ini telah tumbuh sejajar dengan kota-kota maju lainnya di Indonesia dan dibuktikan dengan dinobatkannya Bontang sebagai Kota Cerdas.

"Yang paling membahagiakan pada pembukaan BEEX ini bahwa Pemerintah Kota Bontang juga meluncurkan Kota Bontang sebagai Kota Literasi, yaitu kota cerdas dengan tatanan kehidupan warganya yang mempunyai kebiasaan membaca dan menulis sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari," katanya.

Adi Darma yakin dengan banyak membaca akan semakin mendorong peningkatan ilmu dan pengetahuan seluruh masyarakat Kota Taman.

Dalam menyiapkan SDM anak-anak Kota Bontang, Wali Kota Adi Darma meyakini melalui pendidikan yang baik secara tuntas dan berkualitas yang selama ini dilaksanakan Pemerintah Kota Bontang merupakan satu-satunya cara agar anak-anak Bontang bisa lebih menjadi imun, lebih kebal, lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan global serta persaingan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Sejauh ini Pemerintah Kota Bontang telah melaksanakan langkah-langkah strategis di bidang pendidikan seperti pemberian bea siswa, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pemberian insentif kepada guru dan tenaga pendidik, pemberian buku gratis, penerimaan siswa secara online, paket pelatihan guru, layanan pendidikan inklusif, dan Autis Center," katanya.

Langkah terobosan Pemkot Bontag yang telah mendapat pengakuan di tingkat nasional adalah program satu RT satu layanan PAUD dan masih banyak lagi terobosan-terobosan yang telah dilakukan untuk memajukan dan meningkatkan dunia pendidikan di Kota Bontang.

Di akhir sambutannya, Adi Darma berharap agar melalui BEEX ini, selain untuk memberikan informasi tentang dinamika pendidikan di Kota Bontang, juga memberikan gambaran kepada masyarakat tentang fungsi sekolah sebagai pusat pengembangan budaya dan membentuk karakter anak-anak bangsa. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015