Bontang (ANTARA Kaltim) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang menggelar pelatihan membatik di arena Pembangunan Expo 2015, sebagai upaya melestarikan budaya dan kerajinan membatik di daerah setempat.

Instruktur pelatihan Iin Farina saat ditemui Kamis, mengemukakan motif yang diberikan pada pelatihan beraneka ragam mulai motif nasional hingga lokal, seperti motif burung kuntul perak yang menjadi ikon batik Bontang.

"Kami membuka pelatihan membatik dengan motif nasional dan motif daerah. Kami akan membimbing pengunjung yang ingin belajar membatik mulai dari membuat pola sampai mencanting," katanya.

Ia siap membimbing pengunjung atau warga yang ingin belajar membatik, mulai dari membuat pola hingga proses mencanting menggunakan lilin malam.

"Sebenarnya sudah berjalan selama sebulan di UMKM Center, sudah ada 30 peserta yang ikut kegiatan kami saat ini," ujarnya.

Kegiatan pelatihan membatik ini sudah digelar sejak sebulan lalu dan masuk dalam kegiatan rutin Disperindagkop Bontang.

"Bukan karena ada Expo ini, tetapi kegiatan membatik ini sudah berjalan selama satu bulan dan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap hari Selasa di UMKM Center. Sampai saat ini tercatat sebanyak 30 peserta yang menjadi peserta membatik," katanya.

Selain melestarikan budaya, pelatihan membatik juga bertujuan memunculkan usaha baru bagi warga khususnya di bidang kerajinan. "Untuk melestarikan kerajinan Bontang dan memunculkan usaha baru," tambahnya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015