Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Bontang Adi Darma didampingi Wawali Isro Umarghani membuka Bontang City Expo 2015 di Stadion Bessai Berinta. Rabu (14/10) yang diikuti sebanyak 281 peserta.

Pameran yang berlangsung 14-18 Oktober untuk memeriahkan HUT ke-16 Kota Bontang ini bertujuan menyosialisasikan dan mempromosikan program-program Pemerintah Kota Bontang, baik rencana investasi maupun keterlibatan sektor swasta dalam pembangunan.

"Saya bangga semua antusias meramaikan HUT Kota Bontang. Saya berharap pencapaian dan prestasi yang diraih Kota Bontang bisa terus dipertahankan dan bila mungkin ditingkatkan lagi," kata Adi Darma.

Ia mengatakan UMKM, koperasi dan badan usaha lainnya harus mendapat perhatian dalam hal permodalan, sehingga semakin maju dan menjadi kekuatan baru ekonomi masyarakat. Bontang City Expo tidak hanya menjanjikan ajang promosi, namun berupaya meningkatkan peran koperasi dan UMKM dalam menuju pasar bebas.

Dari berbagai aspek, pemerintah juga ingin memunculkan cinta produk dalam negeri yang sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat Kota Bontang.

"Apabila masyarakat masuk ke dalam stand pameran akan menemukan produk-produk kuliner dan kerajinan buatan badan usaha lokal yang tidak kalah berkualitas. Masyarakat bisa ikut membantu pemerintah dalam mencapai meningkatkan pendapatan masyarakat dengan membeli produk lokal," ujarnya.

Berkenaan HUT Kota Bontang, Adi Darma menerangkan bahwa Bontang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi kota industri. Meski perekonomian belum pulih benar, ia mengajak masyarakat untuk tetap optimistis dalam menentukan langkah di masa depan.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Bontang mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pihak-pihak terkait atas partisipasi aktif dalam penyelenggaraan pameran ini. Dan saya mengajak masyarakat bersama keluarga untuk datang ke pameran dan meramaikan HUT Kota Bontang ini," tambahnya.

Sebanyak 281 peserta yang ikut pameran tahun ini terdiri dari 44 SKPD, satu Badan Musyawarah Perbankan Daerah, perusahaan swasta nasional dan multinasional delapan peserta, lembaga lain di luar Kota Bontang dua peserta, koperasi dan UKM 30 stand, pedagang kuliner, kerajinan, dan lain-lain 196 lapak.

Asisten Administrasi Pemerintahan selaku Ketua panitia pameran, M Bachri menjelaskan Bontang City Expo diisi sejumlah kegiatan, antara lain temu bisnis, peragaan busana, festival band, kuis, lomba stand terbaik, pelayanan SKPD, pertunjukan artis ibukota, dan demo produk/hasil pembangunan.

"Selain itu, ada pasar kuliner UMKM, lomba olahraga tradisional, lomba mewarnai gambar, lomba peragaan busana PAUD, lomba menu 3B, pemasyarakatan Gemar Makan Ikan, dan peluncuran kembang Api," katanya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015