Penajam (ANTARA Kaltim) - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Febrianto mengatakan penyudetan Sungai Talake, Kabupaten Paser, bisa berakibat membahayakan lahan pertanian di daerah itu.

"Penyudetan Sungai Talake itu bersifat permanen dan akan mengubah karateristik sungai sehingga dapat membahayakan lahan pertanian, jika air sungai itu meluap," ungkap Joko Dwi Febrianto di Penajam, Senin.

"Untuk mengatasi dampak itu kami akan menerapkan sistem bendung gerak Sungai Telake yang bersifat menaikan air sungai untuk dialirkan ke lahan pertanian di Kecamatan Babulu," katanya.

Menurut Joko Dwi Febrianto, saluran irigasi sekunder, primer dan terseier di Rawa Sebakung Kecamatan Babulu, sudah terintegrasi sehingga dapat ditingkatkan menjadi sistem irigasi teknis atau setengah teknis dan tahap pengerjaannya sudah mulai dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum.
     
Peningkatan saluran irigasi tersebut tambhanya, akan dilakukan dengan sistem memasukan air dari sungai ke saluran irigasi itu.

"Dinas Pertanian dan Peternakan bekerjasama dengan Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum membangun sistem bendung gerak Sungai Telake," ujarnya.
   
Sementara, untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau, tambah  Joko Dwi Febrianto, Dinas Pertanian dan Peternakan telah membuat usulan untuk dilakukan pembuatan embung oleh UPT PU (unit pelaksana teknsi pekerjaan umum) Kecamatan.  

"Ketentuan pembuatan embung itu sudah disetujui, yakni tidak ada pembebasan lahan di areal pertanian,” ujarnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015