Penajam (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Penajam Paser Utara, segera menerima bantuan 1.200 ekor sapi "brahman cross" dari pemerintah pusat.

"Ke-1.200 ekor sapi `brahman cross` saat ini masih dikarantina di Balikpapan. Dalam waktu dekat diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno saat dihubungi di Penajam, Kamis.

Penyaluran bantuan sapi yang ditargetkan akan dilaksanakan pada pekan keempat Oktober 2015 tersebut, kata Arief Murdiyatno, akan disalurkan kepada 24 kelompok petani sawit yang telah lolos seleksi dan memenuhi persyaratan.

"Kelompok tani penerima bantuan sapi itu tidak sembarangan tetapi harus melalui seleksi dan memenuhi syarat terlebih dahulu," kata Arief Murdiyatno.

Setelah dilakukan seleksi di empat kecamatan lanjut Arief Murdiyatno, hanya kelompok tani di dua kecamatan yang dinyatakan memenuhi syarat luasan area minimal, luasan kandang dan ketersediaan pakan serta sumber air, yang akan mendapatkan batuan sapi tersebut

"Kelompok tani yang lolos seleksi masing-masing akan mendapatkan 50 ekor sapi betina bantuan dari pemerintah pusat itu," ujar Arief Murdiyatno.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tambah dia berharap, petani mampu meningkatkan jumlah kelahiran sapi, sehingga target populasi yang ditargetkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, yakni 14.132 ekor sapi dapat terpenuhi.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015