Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tim Anggar Kalimantan Timur meraih tiga medali emas pada Kejuaraan Nasional Pra-PON Angggar 2015 di Bandung Jawa Barat dan punya potensi merebut juara umum kejurnas itu.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kaltim, Muslimin di Samarinda, Jumat, mengatakan tim daerahnya berpeluang menambah perolehan medali emas di hari terkahir kejurnas (Sabtu-red) untuk nomor beregu floret putri.

"Hari terakhir besok (Sabtu-red) menyisakan tiga partai beregu, yakni beregu floret putri, beregu degen putri dan beregu Sable putra," katanya.

Ia menjelaskan bahwa peluang Kaltim meraih medali emas diprediksi pada nomor beregu floret putri, sedangkan untuk kelas lainnya hanya ditargetkan bisa lolos Pra-PON.

"Untuk beregu sabel putra dan degen putri harus kita akui bahwa kekuatan kita masih jauh dengan daerah lainnya, makanya kami hanya berharap mereka bisa merebut tiket ke PON 2016 saja," jelasnya.

Ia mengatakan saat ini posisi tim Kaltim sebagai pemimpin klasemen perolehan medali Pra-PON dengan 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu, pesaing utamanya adalah tim Jawa Timur yang hanya selisih dalam pengumpulan perak dan perunggu.

"Kalau tim kita bisa menambah satu emas lagi, kemungkinan besar kita akan bisa meraih juara umum," tegas Muslimin.

Ia menjelaskan medali emas Kaltim diraih oleh Gabby Novita nomor kadet sabel putri, disusul Rizky Hafid nomor floret putra dan Cintya Puah nomor floret putri.

"Saat ini kami bisa menduetkan emas perorangan floret, semoga pada PON 2016, nomor floret bisa menjadi medali emas pertama kali di PON," harapnya.

Hingga saat ini, menurut Muslimin, tim Kaltim telah meloloskan 39 atlet menuju PON 2016, dengan rincian 19 lolos pada nomor perorangan dan 20 atlet nomor beregu.

"Kelolosan atlet masih menggunakan sistim `by number`, sedangkan entry namanya akan diproses enam bulan sebelum pelaksanaan PON,"jelasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015