Bontang (ANTARA Kaltim) - Wali kota Bontang Adi Darma optimistis pembangunan kilang minyak di daerah setempat segera direalisasikan pemerintah pusat dan akan menyerap ribuan tenaga kerja.

Saat melakukan Safari Jumat di Masjid Al Aqsa Bontang, Adi Darma mengemukakan program yang dicanangkan pemerintah pusat itu tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat, meskipun anggarannya murni dari pusat.

"Pembangunan kilang minyak ini merupakan program pemerintah pusat, tetapi pemkot juga memiliki peran penting karena saya termasuk salah satu anggota tim percepatan pembangunan kilang minyak, sebagaimana telah tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 159 Tahun 2015," jelasnya.

Pada 2016 mendatang, lanjut Adi Darma, pembangunan kilang minyak rencananya dimulai. Proyek tersebut akan berdampak positif bagi masyarakat setempat, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan, karena membutuhkan lebih kurang 10.000 tenaga kerja.

Sebelum SK Menko Perekonomian diterbitkan, Pemkot Bontang sebenarnya sudah bekerja dengan melakukan berbagai upaya untuk meyakinkan pemerintah pusat agar proyek kilang minyak itu dibangun di Kota Taman.

Terbukti pada 13 September 2012, Pemkot Bontang secara resmi membuat surat dukungan terhadap rencana pembangunan kilang minyak itu kepada PT Pertamina.

"Dan alhamdulilllah, usaha meyakinkan pemerintah pusat untuk membangun kilang minyak di Kota Bontang berhasil dan saat ini masih dalam tahap melengkapi surat perizinan. Pemkot Bontang juga harus bekerja ekstra karena untuk perizinan dan sertifikat lahan lokasi proyek diserahkan kepada daerah. Untuk itu, mari bersama-sama kita dukung dan doakan agar segala sesuatu yang menjadi kebutuhan pembanunan Kilang Minyak ini berjalan lancar," tambahnya.

Kegiatan Safari Jumat yang rutin dilaksanakan Adi Darma dan Wawali Isro Umarghani, selain bertujuan ibadah, juga untuk meningkatkan silaturahmi pejabat Pemkot Bontang dengan masyarakat, sekaligus sarana menyampaikan berbagai program pembangunan dan mendengar langsung aspirasi masyarakat.

Adi Darma mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Bontang yang selama ini telah memberikan dukungan kepada pemerintah, sehingga bisa menjalankan enam progran prioritas yang manfaatnya telah dirasakan masyarakat.

"Alhamdulillah, pembangunan di Kota Bontang saat ini semakin hari semakin berkembang dan tentunya juga dibarengi dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang semakin baik. Semua ini tentu berkat kerja sama masyarakat dan pemerintah tidak akan berhenti sampai di sini, tetapi akan terus berinovasi dalam memajukan program-program pembanguan demi kesejahtenaan masyarakat," ujar Adi Darma. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015