Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, Kamis, melepas keberangkatan ratusan calon haji dari daerah setempat yang merupakan kelompok terbang satu untuk gelombang pertama dengan pintu Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Saya berpesan kepada semua calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup agar tidak mudah lelah, karena suhu udara dan cuaca di sini dengan di Arab Saudi sangat jauh berbeda," katanya.

Hal itu dikatakan Syaharie Jaang saat kesempatan berpidato di hadapan ratusan calon haji asal Samarinda di GOR Segiri. Selanjutnya semua jamaah haji tersebut berangkat ke Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan, yang berjarak 112 kilometer dari Kota Samarinda.

Total jamaah haji asal Kota Samarinda pada musim haji 2015 ini sebanyak 429 orang. Mereka berangkat dengan pembagian dua kloter, yakni sebagian bergabung dengan kloter 1 pada gelombang pertama dan sebagian lagi berangkat di kloter 11 pada gelombang kedua.

Jamaah haji yang dilepas keberangkatannya ini akan menginap satu malam di Asrama Haji Batakan, Balikpapan. Selanjutnya pada 21 Agustus terbang melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan menuju Tanah Suci.

Sementara suasana di luar GOR Segiri sangat ramai dipadati ribuan orang yang turut hadir mengantar keluarganya berangkat haji.

Bahkan, salah satu anak yang ketika melihat neneknya naik bus untuk menuju Balikpapan, berteriak dan menangis, seolah tidak ingin berpisah dengan sang nenek yang selama ini menyayanginya.

Untuk musim haji 1436 Hijriyah atau 2015 Masehi ini, calon jamaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Balikpapan mencapai 4.284 orang dan mereka berasal dari empat provinsi.

Rinciannya adalah dari Provinsi Kalimantan Utara yang hitungannnya digabung dengan Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 2.256 orang.

Selanjutnya jamaah dari Sulawesi Tengah sebanyak 1.407 orang, dan dari Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 561 orang. Sedangkan jumlah petugas yang terdiri dari TPHI, TPIHI, dan TKHI sebanyak 60 orang. ***4***

(T.KR-GFR/B/D010/D010) 20-08-2015 16:30:18

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015