Bontang (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur, mengakui peran besar para ketua rukun tetangga atau RT sebagai garda terdepan dalam mendorong pembangunan pada tingkatan paling bawah.

"Ketua RT menjadi perpanjangan tangan Pemkot Bontang dalam melayani masyarakat serta merealisasikan visi dan misi yang selama ini dicanangkan," kata Wali Kota Bontang Adi Darma, baru-baru ini.

Menurut ia, tidak semua ketua RT di berbagai daerah di Indonesia mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerahnya. Berbeda dengan di Bontang, yang lebih dari 500 ketua RT dilibatkan pemkot sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat dan mengawal pembangunan berkelanjutan.

"Ketua RT menjadi perpanjangan tangan Pemkot Bontang dalam melayani masyarakat serta merealisasikan visi dan misi yang selama ini dicanangkan," ujarnya.

Adi Darma menambahkan agar keberhasilan program pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat harus terus dilanjutkan dan dituntaskan, keterlibatan ketua RT sangat penting.

"Para ketua RT harus terus bersinergi dan selaras dengan visi dan misi Pemkot Bontang, karena saya menganggap ketua RT merupakan salah satu ujung tombak dan corong pemerintah dalam menjalankan seluruh agenda serta program kerja yang dilaksanakan pemerintah secara berkelanjutan," jelasnya.

Saat ini, lanjut Adi Darma, Pemkot Bontang terus berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia para ketua RT, salah satunya melalui berbagai pelatihan dengan tujuan menambah wawasan.

"Hal ini juga bisa mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat," imbuhnya.

Wali Kota mengakui bahwa selama ini sinergi antara pemkot dengan ketua RT sudah terjalin harmonis, sehingga hal itu perlu terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan sebagai wujud nyata sinergisitas yang sama–sama memegang teguh semboyan "Bessai Berinta" (mendayung bersama).

Berbagai pelatihan dalam upaya peningkatan kemampuan para ketua RT bertujuan untuk mewujudkan karakter pengurus RT berbudi luhur, sehingga dapat membantu mempercepat terwujudnya Kota Bontang yang maju, adil dan sejahtera sesuai dengan visi pemkot.

"Kami ingin ketua RT benar-benar memahami dan mendalami lima nilai-nilai luhur itu, karena kandungan nilai-nilai luhur tersebut yaitu jujur, sabar, antusias, cinta, dan peduli merupakan kunci kesuksesan kita. saya yakin dengan memiliki lima karakter itu, Bontang pasti akan maju," kata wali kota. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015