Bontang (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Etha Rimba Paemboenan mendorong pemerintah kota untuk mengembangkan sektor pariwisata kelautan dan budaya dengan mempromosikan produk lokal kepada kalangan investor.

Etha Rimba saat dihubungi di Bontang, Minggu, mengatakan Pemkot Bontang harus mulai mengantisipasi meningkatnya jumlah pengangguran dan tidak hanya bergantung pada sektor migas untuk memperoleh pendapatan.

"Kita dorong hal ini agar ditindaklanjuti secara menyeluruh untuk  mengupayakan pengembangan usaha kecil dan menengah, guna mengurangi jumlah pengangguran. Salah satunya adalah pengembangan sektor pariwisata budaya dan kelautan," katanya.

Menurut Etha, pengembangan sektor pariwisata sudah berlangsung baik, namun diperlukan terobosan baru dalam meningkatkan potensi yang ada di Kota Bontang.

"Perlu ada terobosan baru sebagai upaya promosi ke luar daerah luar, sehingga potensi wisata budaya dan kelautan di Bontang dilirik  investor luar," tambahnya.

Pengembangan potensi sektor pariwisata melalui promosi dapat mendongkrak kemajuan ekonomi masyarakat, karena tenaga kerja yang diambil dalam operasional pariwisata berasal dari warga lokal.

"Kita optimistis Kota Bontang akan berkembang jika disikapi serius dan fokus, karena jika hanya mengandalkan APBD maupun APBN, tentunya akan berpengaruh jika sumber daya alam sudah habis. Masih banyak sektor lain yang berpotensi meningkatkan PAD dan mengurangi jumlah  pengangguran," ujar Etha. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015