Sangatta (ANTARA Kaltim)  – Mahyudin  Wakil Ketua MPR RI  terpilih menjadi Ketua Umum  Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) periode 2015-2020 dalam Musyawarah Nasional HKTI VIII yang dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

“Syukur Alhamdulillah saya  terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum HKTI. ”kata Mahyudin  saat dihubungi, dari Sangatta, Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kaltim, Jumat, malam (31/7)

Mahyudian   mengatakan  ingin  memajukan  sektor pertanian yakni  mewujudkan ketahanan
pangan nasional dengan memberdayakan potensi para petani . HKTI akan mendorong perbanyak bibit dan pupuk, mendorong kelembagaan penyuluh, serta upaya fasilitasi kebutuhan organisasi dan petani.

Selain itu HKTI  mendorong terwujudnya bank dan asuransi tani, reformasi agraria, mengembangkan LBH dan bantuan hukum bagi petani, serta sistem pemasaran produk tani dengan harga pantas oleh Bulog.

“Oleh karena itu HKTI   segera membuat  grand design baru, misalnya  bagaimana agar pupuk bersubsidi ditingkat petani bisa diawasi. Saya juga berharap  HKTI  bisa berperan untuk mensejahterakan petani,  membantu petani, termasuk hal-hal teknis untuk mengawasi pupuk subsidi dan  impor bahan pangan bisa menurun," katanya.

Sementara itu ,  Ketua HKTI  Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kaltim  Nasarudin Hafieds memberikan dukungan  kepada   Ketua Umum  HKTI yang baru terpilih.

“Saya kira beliau orang  yang tepat memimpin HKTI, sebab pengalaman dalam memimpin berbagai organisasi besar, baik Parpol maupun Organisasi Kemasyarakatan termasuk birokrat,”katanya.

Nasarudin Hafieds merasa bangga   terpilihnya Mahyudin  orang Kutai Timur   dipercaya menjadi  Ketua Umum HKTI.

”Mudah-mudahan  kedepan HKTI yang dipimpin  Mahyudin mampu membawa perubahan terhadap kesejahteraan para petani  lebih meningkat,” katanya.(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015