Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Tiga pelajar SMP Balikpapan mendapat beasiswa penuh dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, dari 10 pelajar SMP penerima beasiswa Kaltim Cemerlang kerjasama pendidikan dengan Yayasan Putera Sampoerna (Putera Sampoerna Foundation), Kamis.

Ketiga pelajar Balikpapan tersebut adalah Shalmia Hawun Mandalika Tusan (SMPN 1 Balikpapan), Renisah Nur (SMPN 1 Balikpapan), dan Muhammad Luthfi (SMPN 3 Balikpapan),

Tujuh pelajar lainnya adalah Filivi Delareo Wanwol (SMPN 1 Samarinda), Maylisa Natalia Corry (SMPN 1 Samarinda), Debora Rismarito Pakpahan (SMPN 1 Samarinda), Adinda Putri Jade (SMPN 4 Samarinda), Rebeca Sianturi (SMPN 5 Samarinda), Ivoryta Arinda (SMPN 10 Samarinda), dan Febby Diah Syahputri (SMPIT Cordova Samarinda).

Ke-10 pelajar dikirim belajar ke Sampoerna Academy Boarding School atau sekolah berasrama tingkat SMA yang dikelola yayasan Sampoerna Foundation.

"Selama di sekolah itu nanti anak-anak ini tidak hanya dididik meningkatkan kemampuan akademik, namun juga mendapatkan pendidikan karakter sebagai landasan menjadi pemimpin yang berkualitas. Siswa akan dididik tidak hanya secara akademis, namun juga ditanamkan nilai-nilai kepemimpinan, kewirausahaan, dan tanggung jawab sosial," kata Asisten III Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur Bere Ali.

Beasiswa penuh ini diberikan kepada 10 pelajar berprestasi dari dua kota di Kalimantan Timur, yakni Samarinda dan Balikpapan. Para pelajar berasal dari keluarga miskin tersebut telah melewati serangkaian seleksi, diantaranya tes tertulis dan wawancara. Mereka juga dianggap memiliki karakter dan kepribadian yang kuat selain memiliki nilai rapor dan Ujian Nasional di atas rata-rata.

"Kami percaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan memberikan pendidikan berkualitas," kata Direktur Penggalangan Dana Putera Sampoerna Foundation Ari Kunwidodo. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015