Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, untuk mengikuti pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015.

Adapun dua pasangan calon yang mendaftar adalah pasangan Heru Bambang-Sirajudin Machmud yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pasangan Heru-Sirajudin datang ke kantor KPU Balikpapan dengan berjalan kaki bersama ratusan orang yang merupakan massa pendukungnya, serta diiringi dengan berbagai kesenian tradisional seperti kuda lumping dan barongsai.

Pengamanan dari aparat kepolisian cukup ketat dan hanya beberapa orang yang diizinkan masuk di halaman kantor KPU Balikpapan. Sedangkan massa pendukung berada di luar pagar sambil memeragakan atraksi kuda lumping dan barongsai.

Sambil menunggu kelengkapan verifikasi KPU, pasangan Heru-Sirajudin pindah ke ruang lain, karena ada pasangan lain yakni Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf yang juga akan mendaftar di hari terakhir jadwal pendaftaran peserta pilkada tersebut.

Pasangan Andi Burhanuddin-Abdul Hakim (ABAH) diusung oleh Partai Golkar dengan surat rekomendasi dari dua kubu pengurus yang sedang bersetru yakni Agung Laksono dan Aburizal Bakrie.

Kedatangan dua pasangan calon kepala daerah itu disambut langsung oleh Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Jumiko.

"Sampai saat ini sudah ada lima pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang mendaftar, dua dari jalur perseorangan dan tiga dari jalur yang diusung partai politik," kata Noor Thoha.

Dua pasangan jalur independen yang telah mendaftar pada hari pertama (26/7) adalah Abdul Hakim dan Wahidah dan Achdian Nor-Abriantinus.

Sedangkan satu pasangan lagi dari jalur parpol yang mendaftar pada Senin (27/7), adalah Rizal Effendi-Rahmad Mas`ud dengan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Amanat Nasional (PAN). (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015