Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) jenjang SMP dan SMA yang akan digelar Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, akan dipusatkan di Madrasah Aliah Negeri 2 Model Samarinda.

"Pentas PAI tingkat Kaltim rencananya digelar setelah Lebaran di MAN 2 Model Samarinda, tetapi tanggal pastinya masih kami koordinasikan. Acara ini kami lakukan kerja sama dengan Kanwil Kementerian Agama Kaltim," kata Kabid Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Deslan Nispayani di Samarinda, Selasa.

Pada Pentas PAI tersebut akan dilombakan delapan mata lomba, yakni Tilawatil Quran, hafalan ayat Al Quran, ceramah, kaligrafi, cerdas cermat, qasidah, marawis, dan nasyid.

Menurutnya, kegiatan ini cukup positif dalam upaya memotivasi pelajar di sekolah umum untuk pengembangan karakter dan spiritual, khususnya upaya meningkatkan pemahaman serta kemampuan dalam seni dan isi kandungan Quran.

Pentas PAI sebagai wahana kompetisi bagi siswa di bidang seni, keterampilan khusus, dan kreativitas di bidang pendidikan agama Islam secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten/kota hingga tingkat provinsi, bahkan hingga tingkat nasional.

Siswa di sekolah umum diharapkan tidak kalah dengan sekolah keagamaan, yakni dalam pengetahuan maupun pemahaman terhadap Al Qur`an, sehingga ke depan diharapkan tidak hanya ada taman kanak-kanak (TK) Al Quran, tetapi harus ada SD, SMP bahkan SMA Al Quran.

Hal ini perlu diwujudkan karena selama ini anak-anak sejak usia dini melalui TK Al Quran telah diajarkan cara membaca sekaligus pengertian tentang isi kitab suci, tetapi masa pendidikan di TK terkait keagamaan tidak dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Padahal setelah lulus atau ketika selesai menjalani pendidikan di TK Al Quran, belum menjadi jaminan bahwa anak-anak tersebut sudah mampu membaca Quran dengan baik, terlebih untuk mengerti dan memahami isinya, sehingga perlu juga ada SMA Al-Quran.

"Dari delapan cabang lomba dalam Pentas PAI tersebut, masing-masing juara pertama tingkat Kaltim akan mengikuti Pentas PAI tingkat nasional yang akan digelar pada kisaran Oktober-November," ucap Deslan. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015