Penajam (ANTARA Kaltim) -  Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H. Yusran Aspar  melantik tujuh Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) di kantor Kecamatan Babulu  untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa yang diberhentikan dan mengangkat PNS daerah  setempat hingga  terpilihnya Kepala Desa yang baru.

“Saya berharap setelah dilantik, para penjabat Kades  segera menjalankan tugas pemerintahan hingga terlaksananya pemilihan Kades di masing-masing desa. sehingga pelayanan kepada masyarakat  tetap  berjalan dengan sebaik, “ katanya saat memberikan sambutan, Senin 29/6.

Ia mengatakan kinerja para Kepala Desa sangat diperlukan  untuk meningkatkan  pembangunan yang ada di desanya, karena desa merupakan pelaku pembangunan, bukan hanya sebagai tujuan pembangunan.
 
Yusran menjelaskan bahwa Kepala Desa harus  lebih inovatif, kreatif untuk memajukan desanya, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para kepala desa saat ini, dimana banyak dana yang diterima baik dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat,  semua butuh kemampuan dalam pengelolaannya.

Dikemukakanya dalam hal peningkatan sarana dan prasarana yang ada di desa ,  kepala desa bisa memanfaatkan UPT  PU  yang ada di kecamatan, namun  harus dibuat perencanaan yang sinergis agar  hasilnya  memudahkan aktifitas masyarakat  dan lebih mensejahterakan masyarakat yang ada dipedesaan.


Misalkan katanya , satu desa ingin membangun jalan desa, kepala desa dapat memanfaatkan UPT PU untuk membangun jalan tersebut. Tinggal desa menganggarkan bahan material seperti batu kerikil dari anggaran desa dan UPT yang mengerjakan.
“Saya berharap kepada para  pejabat Kades yang baru dilantik untuk melakukan inovasi dan koordinasi membangun desa  untuk lebih mempermudah akses-akses masyarakat,”kata Yusran.

Sementara itu tujuh Kepala Desa yang dilantik adalah  Kepala Desa Sri Raharja (Budiono), Kepala Desa Sebakung Jaya (sujai), Kepala Desa Sumber Sari (Rudianto,S.Sos), Kepala desa Babulu Darat (Winanto).

Selanjutnya Kepala Desa Gunung Makmur (Drs Bahrun), Kepala Desa Rawa Mulya (Budi Prastio), dan kepala Desa Sesulu (Suprianto) (Humas PPU)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015