Tenggarong (ANTARA Kaltim) -  Pengerjaan pemasangan "Tie Beam" atau rangka lantai Jembatan Kartanegara di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, segera dilakukan pada pekan ini setelah seluruh peralatan siap.

"Saat ini pekerja melakukan pengencangan baut `main span` dan pekan ini sudah memasuki tahap pemasangan `tie beam`. Peralatannya sudah dipersiapkan sehingga tinggal pemasangan," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kartanegara, Budi Harsono ketika dihubungi di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Selasa.

Sebelum dilakukan pemasangan rangka lantai jembatan, kata Budi, juga telah dilakukan penyelesaian rangka bagian atas pelengkung busur (main span) segmen 15 di sisi hilir.

Kemudian, pengerjaan dilanjutkan pengencangan baut yang akan dilakukan enam tim pekerja dengan menggunakan peralatan digital, sehingga pengencangan baut sangat terukur.

"Usai pengencangan baut, akan dilakukan perakitan lantai jembatan dengan bentang sepanjang 270 meter," jelasnya.

Perakitan lantai jembatan akan berlangsung selama bulan Juli dan diawasi langsung oleh PT Wagner Biro Indonesia, yaitu tim Manajer Erection dari Austria.

Sedangkan pengecoran lantai dijadwalkan bisa dilaksanakan pada Agustus 2015, jika perakitan rangka lantai jembatan tersebut rampung.

"Mudah-mudahan tidak ada hambatan, sehingga jembatan yang diidamkan masyarakat bisa cepat selesai," ungkap Budi Harsono. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015