Tenggarong (ANTARA Kaltim) -  Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, segera memiliki wahana dengan konsep "edutainment" atau arena permainan yang memberikan pengetahuan sambil bermain kepada anak-anak usia 4 sampai 16 tahun.

Informasi yang diperoleh di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Selasa, menyebutkan wahana bernama "d`Kukar Zone" (dKZ) yang menempati arena "Equistrian" (ketangkasan berkuda) itu dijadwalkan mulai dibuka untuk umum pada pekan ini, diawali dengan "soft opening" pada Rabu (24/6) sore.

"Rencananya `soft opening` akan dilakukan langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mulai pukul 16.00 wita," kata Direktur Utama dKZ, Karya.

Wahana di dKZ berjumlah 37 jenis yang merupakan permainan bernuansa edukasi dan sangat bermanfaat bagi anak untuk mengetahui sekaligus mempraktikkan langsung berbagai profesi yang ada di dunia nyata.

"Konsep kami adalah `edutainment` yaitu memberikan pengetahuan sambil bermain kepada anak-anak usia 4 sampai 16 tahun," kata Karya.

Melalui permainan tersebut, tambah dia, pengunjung disarankan menjalankan tanggung jawab sesuai dengan profesi yang mereka pilih, diantaranya pegawai bank, petugas pemadam kebakaran, petugas medis, mekanik, pemain bola, polisi, tentara, pembalap, karyawan perusahaan, musisi hingga reporter televisi.

Menurut ia, semua wahana permainan yang ada di dKZ mengenalkan kemandirian kepada anak dari usia dini yang disertai pengembangan karakter dari masing-masing anak.

"Ini adalah wahana permainan modern pertama yang berdiri di Kaltim," tambahnya.

Untuk tahap awal, wahana dKZ rencananya dibuka setiap hari yakni mulai pukul 09.00 hingga 16.00 Wita. Tarif masuk sekali kunjungan sebesar Rp130 ribu per orang dan pengunjung bebas bermain di wahana apa saja.

"Untuk `soft `pening` ini wahana yang siap dipakai ada 27 permainan, selanjutnya akan terus kami kerjakan bersama sponsor untuk pembukaan resmi pada November 2015," ungkap Karya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015