Bontang (ANTARA Kaltim) - Wakil Wali Kota Bontang Isro Umarghani menghadiri presentasi penilaian ajang Wahana Tata Nugraha tahun 2015 yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Dishub Propinsi Kalimantan Timur.

     Dalam pertemuan di ruang rapat utama Kantor Wali Kota tersebut, Isro Umarghani didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi H Ahmad Suharto, serta perwakilan dari kepolisian dan SKPD terkait.

     Wahana Tata Nugraha (WTN) adalah penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kabupaten/kota dalam bidang penataaan transportasi publik.

     Ketua Tim Penilai WTN dari Kemenhub Dra Pratiwi menjelaskan, terdapat tiga tahapan penilaian dalam kegiatan penghargaan WTN, yakni administrasi, teknis dan operasional, serta komitmen kepala daerah.

     Tim penilai mengecek keberadaan data administrasi dari perencanaan, pendanaan, kelembagaan dan UU, sumber daya manusia, angkutan, prasarana, lalu lintas, dan lingkungan.

     Setelah dilakukan penilaian teknis dan operasional, kemudian menilai komitmen kepala daerah berdasarkan kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.

     Pratiwi juga menjelaskan keadaan transportasi publik yang ada di Kota Bontang dan memberikan contoh-contoh penataan transportasi yang baik.

     Dia juga memaparkan kondisi transportasi di Kota Bontang yang sudah baik dan yang masih kurang. Pemerintah berharap Kota Bontang membenahi kekurangan yang ada demi kelancaran dalam bertransportasi oleh masyarakat.

     Wakil Wali Kota Isro Umarghani meminta partisipasi forum Lalu Lintas Angkutan Jalan untuk membenahi kekurangan dalam penataan transportasi dan mencarikan penyelesaiannya.

     Untuk catatan prestasi, Kota Bontang sudah empat kali mendapat Piala WTN kategori lalu lintas kota. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015