Penajam (ANTARA Kaltim) - Program Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum Kecamatan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Tohar, berada di urutan keempat dari 10 kabupaten terbaik se-Indonesia pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau Sinovik 2015.

"Ajang Sinovik 2015 diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Kabupaten Penajam Paser Utara juga masuk dalam Top 25 inovasi pelayanan publik 2015," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, di Penajam, Rabu.

Program UPT PU Kecamatan yang digagas oleh Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar menjadi solusi penyelesaian infrastruktur dari kecamatan sampai desa dan kelurahan, tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.

Inovasi UPT PU Kecamatan mendapatkan peringkat keempat pada ajang Sinovik 2015 dengan jumlah peserta sebanyak 158 daerah se-Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Tohar, mendaftarkan pelayanan publik UPT PU tersebut, karena dinilai berhasil dan mengharapkan program ini masuk nominasi, sehingga mendapat pengakuan secara nasional sebagai salah satu terobosan reformasi birokrasi yang mendekatkan layanan kepada masyarakat.

"Tim panelis menilai inovasi UPT PU Kecamatan merupakan terobosan yang baik dan diharapkan dapat dikembangkan lagi. Penajam Paser Utara satu-satunya kabupaten/kota di Indonesia yang melaksanakan program itu dan bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di daerah lain," ujar Tohar.

Penghargaan Sinovik 2015 tersebut diterima Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar pada penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2015 dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla, di Jakarta pada 29 April 2015. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015