Samarinda (ANTARA Kaltim) - Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Provinsi Kalimantan Timur pada 2 Mei 2015 akan ditandai penyerahan sejumlah penghargaan, seperti untuk pemenang Lomba Sekolah Sehat dan Lomba Guru Berprestasi.

"Upacara peringatan Hardiknas akan digelar di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu pagi. Melalui Hardiknas kami harapkan kualitas pendidikan terus meningkat. Makanya pemberian penghargaan ini sebagai salah satu upaya merangsang peningkatannya," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Musyahrim di Samarinda, Kamis.

Penghargaan yang diberikan selain kepada pemenang Lomba Sekolah Sehat dan pemenang pemilihan Guru Berprestasi tingkat Kaltim, juga akan diberikan penghargaan kepada siswa berprestasi tingkat internasional, termasuk penyerahan beasiswa dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Untuk Lomba Sekolah Sehat tingkat Kaltim, lanjut dia, terdapat empat jenjang pendidikan mulai TK hingga SLTA yang akan mendapat pengahrgaan. Masing-masing jenjang terdapat tiga juara, yakni juara pertama, juara kedua, dan juara ketiga.

Masing-masing juara per kategori akan mendapat penghargaan yang sama, yakni piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim.

Nilai uang pembinaan yang diberikan adalah untuk juara pertama Lomba Sekolah Sehat baik jenjang TK, SD, SMP, dan SMA atau yang sederajat mendapat Rp15 Juta, juara kedua mendapat Rp10 juta, dan juara ketiga menerima uang penghargaan senilai Rp5 juta.

Rincian juara Lomba Sekolah Sehat adalah dari jenjang TK/RA, juara I diraih TK Al-Fath Samarinda dengan nilai 85,76, juara II TK Qurota Ayun Bontang dengan nilai 81,72, dan juara III diraih TK Harapan Balikpapan dengan nilai 81,07.

Jenjang SD/MI, juara I diraih SDN 018 Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai 86,78, juara II SDN 027 Padang Pangrapak Kabupaten Paser dengan nilai 81,87, dan juara III SD YPVDP Bontang dengan nilai 80,71.

Untuk jenjang SMP/MTs, juara I ditempati SMP KPS Balikpapan dengan nilai 86,12, juara II MTs Negeri Samarinda dengan nilai 81,07, dan juara III diraih SMPN 8 Kabupaten Berau dengan nilai 74.

Jenjang SLTA, juara pertama diraih SMKN 1 Tana Grogot Kabupaten Paser dengan nilai 86,74, juara II SMAN 1 Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai 81,07, dan juara III SMAN 2 Bontang dengan nilai 75,91.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015