Bontang (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 103 orang calon pegawai negeri sipil formasi 2014 di lingkungan Pemkot Bontang menerima surat keputusan pengangkatan yang dirangkai dengan pembukaan Diklat Pra Tugas di Auditorium Graha Taman Praja, Bontang Lestari, Rabu (22/4).

     Hadir pada acara tersebut Wali Kota Bontang Adi Darma, Sekkot HM Syirajudin, Kepala BKD Siti Ngaisah dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat dinas (SKPD).

     Selain menyerahkan SK pengangkatan kepada perwakilan CPNS, Wali Kota Adi Darma sekaligus menjadi narasumber dan menjelaskan tentang visi dan misi kepala daerah kepada seluruh CPNS.

     Ia memaparkan bahwa kompleksitas permasalahan yang dialami aparat pemerintah sebagai konsekuensi atas perubahan dinamika lingkungan strategis, menuntut lahirnya aparat sipil negara yang profesional, kreatif, inovatif, tangguh, dan bermental pelayan.

     Pada era saat ini dan ke depan, lanjut wali kota, PNS akan menghadapi tantangan yang semakin tidak ringan. Kinerja PNS selalu menjadi sorotan dan bahan diskusi berbagai pihak yang seakan tidak ada habisnya.

     Mengenai disiplin sudah sangat jelas tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 yang memuat tentang kewajiban, larangan dan jenis hukuman disiplin yang dapat dijatuhkan kepada PNS yang melakukan pelanggaran.

     "Mengingat pentingnya momentum ini, saya berharap seluruh CPNS dapat mengikuti pelaksanaan Diklat Pra Tugas ini dengan baik. Peserta harus proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap permasalahan melalui diskusi atau kegiatan pembelajaran lainnya," kata Adi Darma.

     Kepala BKD Kota Bontang Siti Ngaisah dalam laporannya menjelaskan pelaksanaan Diklat Pra Tugas CPNS berlangsung selama tiga hari dan diisi berbagai materi, di antaranya pengenalan visi dan misi kepala daerah disampaikan wali kota, budaya kerja dan pemberantasan korupsi dari pejabat Kejaksaan Negeri Kota Bontang serta administrasi kepegawaian.

     "Kita berharap materi-materi yang disampaikan kepada CPNS bisa menjadi bekal, sehingga nanti pegawai menjadi aparat yang profesional, berdedikasi serta mampu membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh untuk terwujud pemerintahan yang baik dan terpercaya," katanya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015