Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Andi Faisyal Assegaf mendorong Pengurus Provinsi Perbakin terus memacu prestasi para atlet, terutama tingkatan junior, dalam upaya regenerasi dan penyiapan atlet untuk masa mendatang.

Ditemui di Samarinda, Kamis, Andi Feisal mengatakan salah satu ajang bertajuk Kejuaraan Menembak Level I Wali Kota Cup 2015 di Lapangan Tembak Brimob, Balikpapan, beberapa waktu lalu, telah membuktikan penampilan sejumlah petembak junior Kaltim mulai diperhitungkan.

"Di sini menjadi bukti bahwa atlet muda Kaltim bisa menorehkan prestasi yang baik. Pengurus baru Perbakin saya harap bisa lebih membawa mereka ke jenjang yang lebih tinggi," katanya.

Ia berharap kejuaraan seperti itu bisa digelar secara rutin dengan tujuan agar calon-calon atlet lebih termotivasi untuk berlatih dan kemampuan menjadi semakin terasah.

"Kalau bisa kejuaraan tembak reaksi seperti di Balikpapan, bisa juga digelar di Samarinda, Tenggarong, dan Kutai Barat. Hal ini bertujuan lebih memaksimalkan kinerja Perbakin di masa mendatang," imbuhnya.

Melalui banyak kejuaraan, lanjut Andi Faisal, calon atlet di sejumlah daerah yang masih belum terdaftar dan belum memiliki naungan, bisa bergabung dalam Perbakin.

"Tentu saja olahraga ini harus mencakup seluruh wilayah Kaltim, tak hanya terpusat di perkotaan. Saya yakin justru lebih banyak minat dari kalangan daerah pelosok ketimbang daerah perkotaan," ujarnya.

Legislator Partai Demokrat ini juga mengimbau pengurus Perbakin yang baru dilantik pada Rabu (15/4), agar segera bersiap menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 di Jawa Barat.

Salah satu hal penting yang dilakukan adalah memantapkan penguasaan karakter senjata sejak dini kepada para atletnya yang kini tengah digodok di pemusatan latihan daerah.

"Perbakin Kaltim harus punya target besar dalam peraihan medali emas di semua nomor. Kesiapan teknis, mental dan beberapa hal lainnya harus dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk mencapai hasil maksimal," tambah Andi Faisyal. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015