Penajam (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Penajam Paser Utara mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau Sinopik 2015 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar di Penajam, Jumat, mengatakan daerahnya merupakan satu-satunya peserta yang mewakili Kaltim dari 1.158 kabupaten/kota se-Indonesia yang mengikuti Sinopik.

"Peserta Sinopik sebanyak 1.158 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia dan kami presentasikan pembentukan Unit Pelayanan Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) Kecamatan sebagai salah satu terobosan pelayanan publik kepada tim panelis di Kantor Kemenpan RB di Jakarta, Selasa (7/4)," ungkap Tohar.

Setelah memberikan penjabaran terkait latar belakang pembentukan UPT PU Kecamatan di depan tim paneli, lanjut Tohar, Kabupaten Penajam Paser Utara, terpilih di antara 99 kabupaten/kota lainnya untuk mengikuti penilaian tahap selanjutnya dalam kompetisi tersebut.

"Tim panelis menilai inovasi UPT PU Kecamatan merupakan terobosan yang baik dan diharapkan dapat dikembangkan lagi. Penajam Paser Utara satu-satunya kabupeten/kota di Indonesia yang melaksanakan program itu dan bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di daerah lain," kata Tohar.

Menurut Tohar, ajang Sinopik yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kemenpan RB tersebut, memilih terobosan atau inovasi terkait pelayanan publik yang dimiliki suatu daerah maupun lembaga negara, sehingga bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di daerah lain.

"Kami daftarkan program layanan publik UPT PU Kecamatan, karena kami anggap berhasil dan diharapkan program itu bisa masuk nominasi sehingga dapat pengakuan secara nasional sebagai salah satu terobosan reformasi birokrasi yang mendekatkan layanan kepada masyarakat," ujarnya.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015