Penajam (ANTARA Kaltim) - Sebanyak  260 peserta dari empat kecamatan akan mengikuti  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-11 tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara, yang bakal digelar pada 30 Maret sampai 4 April 2015.

"Sebanyak 260 peserta dari empat kecamatan akan mengikuti tujuh cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ke-11. Masing-masing kecamatan mengirim sebanyak 65 peserta. MTQ ke-11 ini akan dibuka Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar," kata Ketua Lembaga Pengembang Tilawah Al-Qur’an (LPTQ) Kabupaten Penajam Paser Utara, Herlambang, Jumat.

Pada MTQ ke-11 itu kata Herlambang, sebanyak 61 orang dewan hakim, akan melakukan penilaian terhadap para peserta.

Cabang yang akan diperlombakan lanjut dia yakni, yakni Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Fahmil dan Syarhil Qur’an serta Khot dan lomba mengetik makalah Al Qur’an.

Sedangkan untuk pemondokan peserta serta dewan hakim MTQ ke-11, kata Herlambang, LPTQ sudah mempersiapkan rumah-rumah warga sebagai tempat menginap.

Pada pengamanan MTQ ke-11 itu, Polres Penajam Paser Utara telah meyiapkan personel  untuk mengamankan pelaksanaa MTQ tersebut.

"Polres akan menyiagakan 25 personel untuk menjaga keamanan pelaksanaan MTQ, bahkan Polres juga menempatkan anggotanya di pemondokan dewan hakim dan para peserta,” ujarnya.

Tempat berlangsungnya perlombaan setiap cabang kata Herlambang sudah dipersiapkan diantaranya, Islamic Centre, Masjid Al-Amin, Gedung Sipakario, aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan aula sekolah terpadu.

Menurut Herlambang, sebelum pembukaan MTQ ke-11 yang akan dilaksanakan di Mesjid Al Amin di Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, akan digelar pawai Ta’aruf dan setelah pembukaan akan digelar malam Ta’aruf.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015