Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartangara, akan kembali mengucurkan beasiswa Gerbang Raja bagi siswa dan mahasiswa di daerah itu.

Ketua Tim Pengeloaan Program Beasiswa Pemkab Kutai Kartanegara H Arsad, Kamis mengatakan, jenis bantuan yang akan diberikan yaitu beasiswa bagi yang kurang mampu untuk tingkat sekolah dasar, menengah dan perguruan tingi.

Beasiswa juga kata Arsad akan diberikan melalui prestasi akademik dan non-akademik mulai tingkat sekolah dasar, menengah dan perguruan tingi, mahasiswa S2 hingga S3.

"Juga ada beasiswa kerjasama khusus dalam dan luar negeri mulai tingkat SD hingga S3 serta beasiswa penelitian," ungkap Arsad.

Pelaksanaan pendaftaran secara 'online' lanjut Arsad dibuka mulai 1 hingga 20 April 2015.

"Batas akhir penyelesaian berkas per stempel pos di sekretariat panitia mulai 21 April sampai 20 Mei 2015," kata Arsyad yang juga menjabat Kepala Bagian Kesra Setkab Kutai Kartanegara.

Persyaratan umum untuk mengurus beasiswa tersebut tambah dia, diantaranya, warga negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kutai Kartanegara.

"Diiutamakan untuk keluarga kurang mampu dan yang memiliki prestasi akademik khusus tingkat provinsi, nasional maupun internasional yang dibuktikan dengan surat dari pejabat yang berkompeten," ujarnya.

"Selanjutnya, terdaftar dan aktif sebagai pelajar atau mahasiswa yang ditandai dengan kartu pelajar/kartu mahasiswa, disertai keterangan dari kepala sekolah atau keterangan aktif kuliah atau surat keterangan dari instansi terkait dengan prestasi non-akademik," ungkap Arsad.

Bagi mahasiswa luar negeri kata Arsad, minimal telah menempuh pendidikan satu tahun dengan harus dilengkapi dengan surat keterangan hasil studi serta mahasiswa yang terdaftar pada perguruan tinggi memperoleh izin resmi penyelenggara program studi Kementrian Pendidikan Nasional atau kementrian lainnya dan bukan merupakan kelas jauh.

Persyaratan lainnya tambah dia, melampirkan rapor prestasi akademik bagi jenjang pendidikan dasar dan menengah atau transkrip akademik untuk jenjang pendidikan tinggi, ijazah dan transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya bagi calon mahasiswa baru luar negeri.

"Calon penerima beasiswa itu juga harus melampirkan fotokopi buku rekening aktif atas nama pemilik rekening yang sama dengan nama penerima beasiswa sesuai kartu identitas diri," tambahnya.

"Menandatangani surat perjanjian bermaterai cukup bahwa akan bersedia mengabdi di Kutai Kartanegara setelah menyelesaikan studi bagi mahasiswa yang menerima beasiswa program kerjasama," ungkap Arsad.

Bagi yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut kata Arsad, tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik pemerintah pusat dan daerah, pemerintah negara lain maupun swasta ditandai dengan surat pernyataan bermatrai, bukan PNS dan karyawan BUMN/BUMD atau karyawan perusahaan swasta serta mengisi formulir beasiswa yang disediakan secara online.

"Silakan mengunduh formulir di web beasiswa.kutaikartanegarakab.go.id. Seluruh berkas diserahkan tiga rangkap sudah termasuk asli, kepada tim pengelola program beasiswa. Untuk lebih jelasnya, dapat menghubungi panitia Tim Pengeloaan Program Beasiswa Pemkab Kutai Kartanegara," kata Arsad.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015