Sangatta (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman mengusulkan agar Pantai Sekerat dijadikan lokasi cabang olah raga perahu layar.

"Menurut saya, pantai Sekerat layak dijadikan lokasi olah raga dayung, pada Pekan Olahraga Provinsi Kaltim 2018," kata Wabup Ardiansyah Sulaiman di Sangatta, Rabu.

Menurut dia, Kutai Timur akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov Kaltim 2018. Salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan yakni perahu layar.

Selama ini, kata dia, lomba cabang olahraga perahu layar dipertandingkan di Kabupaten Berau. Padahal Berau dengan Kutim kan berbatasan langsung, sehingga tidak ada beda jauh potensi angin dan cuacanya.

Namun, untuk memastikan layak atau tidaknya dijadikan lokasi lomba perahu layar, dirinya meminta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga agar melakukan kajian apakah layak atau tidak.

Ini, kata Wabup, sangat bagus kalau Pantai Sekerat dijadikan lokasi perahu layar. Sebab, selama ini hanya dikenal sebagai lokasi latihan TNI, padahal ia memiliki keindahan pantai pasir putih dan angin kencang.

"Kalau ini bisa dijadikan lokasi perahu layar, maka Pantai Sekerat akan menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kutai Timur, Dwi Susilanto Gamawan mengatakan, usulan dan keinginan pak Wabup itu, pihaknya akan melakukan kajian Pantai Sekarat.

Menurut Dia, Pantai Sekerat memang sangat baik, bahkan salah satu destinasi wisata di Kutim, selain Teluk Lombok, Teluk Prancis, Aquatiq dan pantai lainnya.

"Kalau nantinya hasil kajian cocok, misalnya arah angin dan kecepatannya dan lokasinya maka akan dijadikan lokasi cabor perahu layar 2018 nanti," katanya.    (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015