Samarinda (ANTARA Kaltim) - Taekwondoin putri asal Kalimantan Timur, Mariska Helina, memastikan diri turut bergabung dalam timnas Indonesia di kejuaraan Dutch Open ke-42 di Eindhoven, Belanda, Maret 2015.

Ketua Bidang Binpres Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim, Aidin S Hadi di Samarinda, Senin, mengatakan Mariska yang saat ini tergabung dalam tim Pelatnas SEA Games 2015 berangkat mengikuti kejuaraan internasional itu bersama tiga taekwondoin lainnya didampingi dua pelatih.

"Mariska dan rombongan sudah berangkat ke Belanda sejak 10 Maret malam lalu dan saat ini sudah mulai bertanding," jelas Aidin.

Menurut Aidin, level kejuaraan Dutch Open masuk kategori G2, di mana kejuaraan tersebut merupakan syarat untuk mengantongi tiket ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mendatang.

"Atlet yang mau lolos ke olimpiade harus lolos seleksi dan mengikuti kejuaraan-kejuaraan kategori G2 dan Dutch Open itu levelnya G2," jelas Aidin.

Ia menjelaskan bahwa Dutch Open merupakan kejuaraan bergengsi, di mana penghitungan skor seluruhnya menggunakan elektronik dan dipimpin wasit internasional.

"Itu demi menjamin fairplay selama pertandingan," imbuh Aidin.

Ia mengatakan kejuaraan di Negeri Kincir Angin tersebut merupakan program pelatnas taekwondo dalam rangka persiapan menuju SEA Games Singapura pada Juni nanti.

Meski demikian pengalaman selama mengikuti pelatnas, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam Pra PON taekwondo nanti.

"Kita berharap pengalaman yang didapat Mariska selama mengikuti pelatnas bisa dikeluarkan saat Pra PON nanti," tegasnya.    (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015