Samarinda (ANTARA Kaltim) - Indeks Pembangunan Manusia Kota Samarinda, mencapai angka 78,79 yang berarti derajat kesehatan, pendidikan dan ekonomi di daerah itu semakin baik.

"Saya ingin agar dalam pencapaian prioritas dan target pembangunan di Kota Samarinda dapat memperhatikan kebijakan dan isu-isu strategis penyelenggaraan pemerintahan dengan menyelaraskan prioritas dan sasaran program/kegiatan serta optimalisasi pencapaian target tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kota Samarinda," ungkap Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Samarinda, Senin.

Musrenbang, kata Syaharie, harus menjadi kancah untuk merumuskan apa yang menjadi kebutuhan dan aspirasi masyarakat, karena pelaksanaannya diatur dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Program pembangunan di Kota Samarinda harus menyentuh seluruh aspek masyarakat," katanya.

"Karena itu, perlu didorong pembangunan di berbagai bidang dengan melakukan pengembangan kapasitas produksi dan kuantitas produk-produk unggulan daerah berbasis jasa, perdagangan dan industri untuk memberikan kultur pembangunan dan pengembangan daerah yang semakin berdaya saing," tambahnya.

Menurut ia, semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, maka semakin tinggi juga tingkat keberhasilan pembangunan yang dicapai.

Partisipasi masyarakat adalah strategi penting dalam perencanaan pembangunan daerah yang fungsinya untuk melengkapi dan menyempurnakan perencanaan pemerintah.

"Perencanaan pembangunan yang digali dari kebutuhan masyarakat akan memberikan solusi konkrit dalam bentuk usulan kegiatan yang merupakan prioritas masyarakat, bukan hanya sekedar keinginan untuk menghasilkan kegiatan tertentu," ujarnya.

"Jadi, masyarakatlah yang lebih mengetahui kegiatan apa yang menjadi kebutuhan mereka," ujar Syaharie Jaang.

Musrenbang bertujuan mensinergikan rencana program atau kegiatan pembangunan hasil forum SKP serta menyempurnakan rencana atau kegiatan pembangunan dalam rencana kerja SKPD tahun 2016.

"Selain itu, untuk merumuskan rancangan akhir RKPD Kota Samarinda 2016," ungkap Syaharie Jaang.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015