Tenggarong (ANTARA Kaltim) -  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menggelar Forum Satuan Kerja perangkat Daerah 2015 sebagai upaya menyelaraskan program Musyawarah Perencanaan Pembangunan dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah di daerah itu.

Ketua Panita Forum SKPD 2015 Kutai Kartanegara Jane AR Nazaruddin, Kamis, mengatakan kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan diikuti seluruh SKPD, Camat dan Lurah, serta dihadiri pimpinan DPRD, Asisten II Setkab Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bahteramsyah, Asisten III Setkab Bidang Adminstrasi Umum Mahmudan.

Forum SKPD 2015 itu kata Jane AR Nazaruddin juga bertujuan menyelaraskan program kegiatan antar SKPD dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai kewenangan, agar tercipta sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan.

"Kegiatan ini juga bertujuan menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif tiap SKPD," ungkap Jane AR Nazaruddin.

Dikatakannya, Forum SKPD merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatan manfaat atau dampak dari program kegiatan SKPD, sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

Jane menambahkan, rancangan rencana kerja SKPD Kutai Kartanegara 2015 hasil kegiatan itu, akan menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD untuk selajutnya dibahas dalam Musrenbang RKPD Kutai Kartanegara.

Forum SKPD tersebut tambah dia, mengangkat tema `Peningkatan Stabilitas dan Ketersediaan Energi Dalam Penguatan Sektor Pariwisata dan Pertanian Menuju Kemandirian Pangan`.

"Forum SKPD ini sebagai dasar dalam penyusunan RKPD tahun 2016," ujar Jane.

Sementara Sekertaris Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat membuka kegiatan itu berharap, Forum SKPD dapat memperkuat proses perencananan dengan pendekatan "top-down dan "bottom up", agar lebih efektif dan efisien dalam proses pemenuhan prioritas pembangunan daerah.

Kabupaten Kutai Kartanegara kata Edi Damansyah, masih perlu pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, kesehatan, air bersih dan pendidikan.

Kondisi tersebut menurutnya memberikan pengaruh kuat terhadap efektifitas ekonomi masyarakat, sehingga masih terdapat beberapa wilayah yang belum dapat akses ekonomi optimal.

"Pastikan hal-hal tersebut menjadi prioritas, Camat dan seluruh SKDP saya harap dapat membahas kebutuhan masyarakat itu agar bisa terpenuhi," katanya.

Ia juga mengajak seluruh yang hadir untuk berkomitmen terus melakukan perbaikan, mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai Pemkab Kutai Kartanegara.

"Segala kelemahan kita perbaiki melalui Forum SKPD ini, untuk merumuskan prioritas pembanguan yang efektif sesuai kebutuhan masyarakat, kalau perlu kita bahas tiga hari tiga malam," ungkap Edi Damansyah. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015