Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menantang sejumlah wartawan setempat untuk beternak sapi, guna mendukung program dua juta ekor sapi pada 2018 yang telah dicanangkannya pada 2013.

"Kalau para wartawan melalui koperasi sekarang mengajukan surat kepada saya guna mendapatkan kredit dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim untuk peternakan sapi, maka hari ini juga akan saya tanda tangani," kata Awang Faroek di depan sejumlah wartawan di Samarinda, Senin.

Terkait pemeliharaan ternak, kata dia, wartawan tidak harus mengelola sendiri ternaknya, tetapi diserahkan kepada kelompok ternak, sehingga para peternak yang akan mengurusnya dengan pola bagi hasil.

Sedangkan masalah lahan, hal itu bisa dilakukan kerja sama dengan perusahaan tambang dan perusahaan perkebunan sawit yang juga melibatkan kelompok ternak.

Kerja sama dengan perusahaan tambang bisa dilakukan, karena di Kaltim masih banyak lahan eks-tambang yang bisa dilakukan sebagai lokasi penggembalaan sapi, sehingga para wartawan bisa menggandeng PT Kitadin maupun perusahaan tambang lainnya.

Sementara untuk kerja sama dengan perusahaan kelapa sawit, hal itu bisa dilakukan dengan sistem integrasi sapi dengan perkebunan sawit, sehingga para wartawan juga memiliki usaha lain di luar pekerjaan sebagai jurnalis.

"Dari dulu hal ini sudah saya sampaikan kepada PWI agar memberdayakan koperasinya dalam mengembangkan usaha, cuma PWI saja yang tidak tanggap sehingga tawaran ini belum terealisasi," katanya.

Dia juga mengajak semua pihak dan para wartawan optimistis bahwa program dua juta ekor sapi pada 2018 bakal terealisasi, karena bukan hanya pendanaan dari APBD Kaltim yang berperan, tetapi juga dari APBN, APBD kabupaten/kota, serta pendanaan dari sejumlah perbankan.

Menurutnya, program dua juta sapi itu realistis, karena dari integrasi sapi dengan kebun sawit saja sudah bisa diperoleh lebih dari satu juta ekor, jika tiap hektare kebun sawit terdapat tiga ekor sapi yang diintegrasikan.

"Jumlah ini belum termasuk integrasi dengan lahan eks-tambang, kemudian dari APBN dan APBD Kaltim tahun ini mendatangkan puluhan ribu ekor sapi, termasuk dari BRI, BPD, dan pengadaan oleh kabupaten/kota. Kalau kita optimis, pasti bisa," kata gubernur, menegaskan.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015