Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak 1.152 peserta dari 18 kecamatan dijadwalkan mengikuti Musabaqah Tillawatil Qur`an ke-48 Tingkat Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, pada 17-23 Maret 2015.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ Kutai Timur H Mardani usai rapat persiapan di Sangatta, Kamis, mengatakan sesuai ketentuan setiap kecamatan hanya boleh mengirimkan 64 orang peserta dan pendamping yang akomodasi dan konsumsinya ditanggung pihak panitia.

"Karena pembukaan dilaksanakan pada 17 Maret, seluruh peserta dari berbagai kecamatan sudah harus tiba di Sangatta mulai 14 Maret untuk dilakukan verifikasi dan pendaftaran," katanya.

Pelaksanaan MTQ dipusatkan di Masjid Agung Sangatta, namun sebelum pembukaan digelar pameran pembangunan kecamatan di Kantor Kecamatan Sangatta Utara.

Selain MTQ, juga dilombakan sejumlah cabang seperti tafsir Alquran, fahmil Quran, syahril Quran, kaligrafi naskah, hiasan, musyhaf, dekorasi, dan seni kontemporer.

"MTQ sebagai ajang seleksi untuk menjaring wakil Kutai Timur mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kaltim yang akan digelar di Melak, Kutai Barat. Selama sepekan, semua peserta akan diuji dengan berbagai penilaian sesuai standar penjurian," tambahnya.

Mardani menambahkan tujuan utama MTQ adalah menggalakkan siar agama Islam dan memperkokoh persatuan serta kesatuan bangsa. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015