Paser (ANTARA Kaltim) - Ketua DPRD Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kaharuddin meminta kalangan legislator untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang tingkat kecamatan yang dilaksanakan pemerintah daerah setempat.

"Keikutsertaan anggota dewan pada kegiatan Musrenbang di tingkat kecamatan sangat penting, untuk mengetahui aspirasi masyarakat secara riil," ujar Kaharuddin saat menghadiri Musrenbang di Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Senin.

Selain ketua DPRD, musrenbang juga dihadiri dihadiri Bupati Paser Ridwan Suwidi, Ketua Bappeda H Ambo Lala, Camat Syaifuddin Zuhri dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) serta para tokoh masyarakat setempat.

Selama ini, kegiatan musrenbang yang dilaksanakan pemerintah daerah tidak pernah dihadiri anggota dewan sehingga baru kali ini dihadiri legislator dari DPRD Kabupaten Paser.

Keikutsertaan para anggota dewan dalam musrenbang, kata Kaharuddin, sudah melalui kesepakatan seluruh legislator setempat.

"Anggota dewan yang ikut musrenbang disesuaikan dengan daerah pemilihan masing-masing. Namun, anggota dewan lain juga boleh mengikuti, meski bukan di daerah pemilihannya, silahkan saja," ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Paser, Budi Santoso menambahkan keikutsertaanya pada musrenbang tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui aspirasi yang disampaikan masyarakat.

"Sebagai wakil rakyat, kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini sangat membantu karena banyak aspirasi masyarakat secara riil," kata legislator dari daerah pemilihan Kecamatan Kuaro, Batu Kajang dan Muara Komam.

Selain musrenbang, kegiatan wakil rakyat untuk menyerap aspirasi masyarakat biasanya dilakukan pada masa reses.

"Data program yang didapat dari kegiatan musrenbang bisa melengkapi data yang diserap saat masa reses," tambah Budi. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015