Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, pada 2015, menganggarkan Rp28 miliar untuk biaya operasional Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) di empat kecamatan.

Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar, Jumat mengatakan, anggaran Rp28 miliar irtu untuk menunjang kinerja UPT PU di masing-masing kecamatan.

"Kami berharap, dengan adanya anggaran yang mencapai Rp28 miliar tersebut, kinerja UPT PU di empat kecamatan dapat lebih ditingkatkan," ungkap Yusran Aspar.

UPT PU di setiap kecamatan kata Yusran Aspar bertugas untuk melayani usulan masyarakat, terkait pembuatan dan peningkatan jalan usaha tani serta jalan lingkungan yang selama ini, sering menjadi keluhan dan kendala masyarakat.

"Masyarakat di desa dan kelurahan sering terkendala dan mengeluhkan jalan tani dan lingkungan dan itu merupakan tugas UPT PU merealisasikannya," kata Yusran Aspar.

Yusran Aspar optimistis, kinerja masing-masing UPT PU kecamatan di tahun pertama ini, cukup maksimal.

"Bahkan, melebihi dari yang ditargetkan karena selama setahun UPT PU harus mempu melakukan pembuatan dan peningkatan jalan usaha tani dan jalan lingkungan sepanjang 40 kilometer per tahun sementara saat ini sudah mencapai 56,059 kilometer," katanya.

"Saya belum terima laporan secara keseluruhan, tapi saya yakin kinerja UPT PU cukup maksimal tahun ini, bahkan melebihi target. Seperti di Kecamatan Penajam mampu mencapai 56 kilometer dari perencanaan awal yang hanya 40 kilometer ," ungkap Yusran Aspar.

Untuk itu lanjut Yusran Aspar, memasuki tahun kedua berdirinya UPT PU kecamatan, Pemkab Penajam Paser Utara sudah menyiapkan Rp28 miliar, selain untuk biaya oerasional juga untuk pembelian alat-alat berat sebagai penunjang kegiatan UPT PU di masing-masing kecamatan.

"Dukungan anggaran itu, untuk meningkatkan kinerja UPT PU dan ditargetkan 2017 seluruh jalan lingkungan dan jalan usaha tani di seluruh wilayah Penejam Paser Utara sudah terbangun dan ditingkatkan sehingga dapat mempurmudah akses masyaralkat," ungkap Yusran Aspar.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014